Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kehilangan Kemampuan Penciuman? Berikut Cara Mengembalikannya

Kehilangan kemampuan untuk mencium adalah gejala umum penyakit pernapasan, termasuk Covid-19.

Kehilangan Kemampuan Penciuman? Berikut Cara Mengembalikannya

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu biasa (atau alergi seperti demam) memang dapat mengganggu indra penciuman Anda. Dikenal secara medis sebagai anosmia, gejalanya juga kerap kali terjadi pada hampir sekitar setengah dari kasus Covid-19. Sementara sekitar dua pertiganya pulih dalam delapan minggu, banyak yang masih tak mendapatkan kembali kemampuan indra penciumannya.

Penciuman memang memainkan peran besar dalam ingatan, suasana hati, dan emosi. Indera penciuman dan indra perasa Anda bekerja sama untuk menciptakan persepsi rasa, jadi kehilangan kemampuan untuk mendeteksi aroma dapat sangat memengaruhi hubungan Anda dengan makanan. Di ujung spektrum yang lebih ekstrem, hilangnya kemampuan penciuman bahkan dapat membahayakan hidup Anda - jika Anda gagal mendeteksi kebocoran gas, misalnya.

Untuk itu, kami berbicara dengan pakar penghilang bau Profesor Carl Philpott dari Fakultas Kedokteran Norwich Universitas East Anglia tentang penyebab umum di balik kehilangan kemampuan penciuman, bagaimana anosmia memengaruhi kualitas hidup, dan bagaimana pelatihan penciuman dapat membantu membalikkan kondisi tersebut.

Apa penyebab hilangnya kemampuan penciuman?

Kehilangan kemampuan penciuman paling sering disebabkan oleh sinusitis kronis, rinitis, dan kondisi serupa yang membuat pembengkakkan selaput lendir yang melapisi hidung, yang disebut epitel olfaktorius. Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan penciuman sementara, namun cenderung dapat kembali dengan sendirinya.

Jika jalur antara otak dan hidung mengalami malfungsi akibat kerusakan otak atau saraf, hal ini juga dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan penciuman secara permanen. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan kerusakan ini, di antaranya penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecanduan alkohol, dan bahkan usia lanjut. 

"Kehilangan kemampuan penciuman paling sering disebabkan oleh kondisi pembengkakkan pada selaput lendir yang melapisi hidung."

Walaupun tidak semua orang benar-benar kehilangan kemampuan penciuman, namun ada beberapa yang menemukan bahwa mereka masih bisa mendeteksi bau tertentu, yang dikenal sebagai hiposmia. Antara lain, indra penciuman mereka menyimpang, yang dikenal sebagai parosmia - semangkuk bubur, misalnya, mungkin berbau seperti ikan busuk. Orang mungkin juga mengalami phantosmia, yang berarti mereka dapat mencium hal-hal yang sebenarnya tidak ada.

Kehilangan kemampuan penciuman dan Covid-19

Kehilangan kemampuan penciuman juga merupakan gejala utama Covid-19. Ini cenderung bertahan lebih lama dibandingkan dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas lainnya, dan bisa memakan waktu hingga empat minggu untuk akhirnya sembuh. Sering kali, orang dengan penyakit Covid-19 mengalami kehilangan kemampuan perasa sebagai akibat dari hilangnya kemampuan indra penciuman. Walaupu virus corona tidak dianggap dapat memengaruhi reseptor indra penciuman Anda secara langsung, tetapi akan memengaruhi area di sekitarnya.

"Penelitian menunjukkan virus masuk ke struktur yang lebih dalam ke otak dan memiliki efek yang lebih sentral pada kinerja penciuman."

"Teori yang paling masuk akal adalah bahwa virus corona masuk ke dalam sel yang berada di sekitar reseptor indra penciuman, yang disebut sel pendukung," jelas Profesor Carl. "Hal ini dapat menyebabkan lapisan itu membengkak, kemudian akan menekan reseptor indra penciuman, yang memiliki efek tidak langsung pada fungsinya. Diperkirakan itulah sebabnya sering terjadi serangan mendadak."

Dengan demikian, ini juga dapat menjelaskan mengapa hilangnya indra penciuman biasanya merupakan fenomena yang berumur pendek. Namun, di antara beberapa orang, gejalanya telah terbukti bertahan dalam jangka waktu yang panjang. "Ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus masuk ke struktur yang lebih dalam di bagian otak dan memiliki efek yang lebih sentral pada kinerja penciuman," papar Profesor Carl. 

Efek kehilangan indra penciuman

Kehilangan indra penciuman dapat berdampak besar pada kualitas hidup Anda. Selain bahaya yang nyata seperti tidak dapat mencium makanan kedaluwarsa, atau mendeteksi gas atau asap, ada efek emosional dan praktis yang akan ada derita. Dalam sebuah penelitian yang ditulis bersama oleh Profesor Carl di Universitas East Anglia, tim menemukan bahwa hampir setiap area kehidupan akan terganggu oleh hilangnya kemampuan indra penciuman, mulai dari kekhawatiran tentang kebersihan pribadi hingga hilangnya keintiman seksual dengan pasangan.

"Sekitar dua pertiga pasien melaporkan depresi atau kecemasan sebagai akibat dari hilangnya indra penciuman," ungkap Profesor Carl. Di antara orang-orang yang menderita jangka panjang, "sekitar sepertiga melaporkan kehilangan berat badan karena mereka kehilangan minat pada makanan," katanya. "Laporan ketiga lainnya justru melaporkan adanya peningkatan berat badan, karena mereka berusaha keras untuk merangsang indera mereka dengan makan makanan yang dibawa pulang."

Tak sedikit yang melaporkan bahwa timbul perasaan terasingi, "karena mereka merasa 'terputus' dari etos sosial yang tidak hanya terkait dengan makan, tetapi juga dengan ingatan," lanjut Profesor Carl. Kehilangan indra penciuman dapat mempersulit ikatan dengan orang yang dicintai, "terutama pasangan," katanya. "Beberapa orang mengalami ketidakmampuan untuk mempertahankan hubungan atau membentuk hubungan baru karena koneksi bawah sadar melalui penciuman telah hilang."

Dalam penelitian tersebut, orang tua dari anak kecil tidak tahu kapan popok mereka perlu diganti. Seorang ibu merasa sulit untuk terikat dengan bayinya. Kehilangan indra penciuman juga dapat memengaruhi karier Anda. "Orang yang menggunakan indra penciuman mereka secara profesional akan sangat terpengaruh secara signifikan," kata Profesor Carl. Dokter, misalnya, mungkin melewatkan luka yang terinfeksi. Pekerja sosial mungkin merasa lebih sulit untuk mengidentifikasi apakah klien mereka minum terlalu banyak alkohol. 

Cara menguji indra penciuman Anda

Jika Anda merasa telah kehilangan indra penciuman, gunakan peralatan rumah tangga biasa untuk menguji hidung Anda:

  • Temukan beberapa barang yang memiliki bau yang kuat dan mudah dikenali, seperti kopi, bawang putih, mint, atau jeruk.
  • Posisikan setiap benda dekat (tetapi tidak menyentuh) hidung Anda dan tarik napas.
  • Jangan gunakan apa pun yang dapat menyebabkan iritasi, seperti produk pembersih.
  • Jika Anda kesulitan menangkap aroma barang yang Anda pilih, Anda mungkin telah kehilangan indra penciuman atau perasa. 
"Jika gejala hilangnya penciuman berkembang secara tiba-tiba, ini mungkin mengindikasikan awal Covid-19. Saran pemerintah saat ini menguraikan bahwa Anda harus menjadwalkan untuk menjalani tes Covid-19 dan tinggal di rumah serta mengisolasi diri selama 10 hari sejak gejala Anda mulai."

Jika Anda tidak dites positif Covid-19 atau kurangnya penciuman Anda berlanjut lama setelah Anda sembuh dari virus, segera konsultasikan dengan dokter umum Anda, karena Anda mungkin perlu menemui Spesialis THT untuk menyelidiki lebih lanjut.

Bagaimana memulihkan indra penciuman Anda

Paparan penciuman jangka pendek yang berulang, yang dikenal sebagai pelatihan penciuman, telah terbukti bermanfaat bagi orang yang kehilangan kemampuan penciuman - terutama mereka yang kehilangan indra penciuman karena virus, seperti flu biasa. Disarankan agar Anda menggunakan wewangian dari empat kategori yang digolongkan menjadi: flowery, fruity, spicy, dan resinous, namun, ini hanya rekomendasi belaka yang tidak dapat benar-benar bisa menjadi patokan.

"Pelatihan indra penciuman adalah proses sederhana yang idealnya Anda lakukan selama beberapa menit, sebanyak dua kali sehari," saran Profesor Carl. "Studi tradisional menggunakan kayu putih, mawar, lemon, dan cengkeh, tapi itu sama sekali bukan resep mutlak. Saya sarankan menggunakan wewangian yang Anda kenal sebelum Anda mengalami kehilangan indra penciuman, yang sudah tersedia untuk Anda."

"Pelatihan penciuman telah terbukti bermanfaat bagi orang-orang yang kehilangan indra penciuman karena virus."

Meskipun Anda boleh saja hanya memegang bahan mentah di tangan Anda jika mau, menuangkan sumber aroma pilihan Anda terbukti lebih efektif. "Cairan bekerja cukup baik, karena Anda bisa memasukkannya ke dalam toples," Profesor Carl menjelaskan. "Dengan melakukan itu, Anda menciptakan ruang uap di atas cairan, yang menciptakan molekul yang dapat Anda deteksi selama proses pelatihan." 

Setelah Anda menyiapkan wewangian, badan amal Fifth Sense merekomendasikan untuk menganalisisnya satu per satu dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Santai, perlahan dan lembut, tarik napas secara alami kemudian jika Anda mengendus terlalu cepat, ini kemungkinan besar dapat menyebabkan Anda tidak dapat mendeteksi apa pun.
  2. Ulangi dua atau tiga kali lagi, lalu beri jeda selama lima menit.
  3. Setelah itu pindah ke aroma berikutnya dan ulangi seperti langkah di atas.
  4. Rekam pengalaman Anda - catat setiap perubahan dan apa yang Anda rasakan.

Periode minimum untuk pelatihan penciuman adalah tiga bulan, "tetapi itu benar-benar tergantung pada respons individu," ungkap Profesor Carl. "Studi yang lebih baru telah melihat durasi pelatihan." Satu studi membandingkan kelompok yang berlatih selama 16 minggu dengan kelompok yang melakukannya selama 56 minggu. "Mereka yang melakukannya selama setahun penuh mendapat hasil yang jauh lebih baik ketimbang mereka yang melakukannya dalam waktu yang lebih singkat," katanya.

Ada juga metode lain yang menyarankan untuk mengubah aroma yang dilatih setiap empat minggu, yang dikenal sebagai pelatihan penciuman yang dimodifikasi. "Mengubah aroma secara teratur adalah prinsip utama lainnya," kata Profesor Carl. "Itu tampaknya memiliki manfaat yang lebih besar pada pemulihan indra penciuman." Dalam hal ini, minyak esensial mungkin dapat digunakan. Pastikan untuk menjaga tutupnya tetap dalam kondisi erat di antara sesi pelatihan, dan simpan di lemari es atau tempat sejuk dan kering yang sesuai dengan panduan penyimpanan. 

Bagaimana cara kerja pelatihan indra penciuman?

Pelatihan penciuman membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas, jelas Profesor Carl, yang mengacu pada "kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengimbangi perubahan atau cedera". Ini adalah perangkat pelatihan serupa yang diadopsi oleh pewangi dan pembuat parfum saat belajar memilih aroma. "Anda bisa mendapatkan pergantian reseptor bau sebagai konsekuensi dari rangsangan," katanya.

Penelitian lain menunjukkan "perubahan pada olfactory bulb, yang merupakan stasiun pemancar di mana saraf penciuman yang berasal dari hidung terhubung ke saraf yang masuk ke otak," papar Profesor Carl. "Struktur itu dikenal sebagai plastik ... dan ukurannya bisa membengkak saat terjadi kontraksi." Penelitian yang sama telah menunjukkan dengan adanya perubahan pada seluruh jalur dari hidung-ke-otak, ini dapat meningkatkan fungsi kerjanya.

Pelatihan penciuman tidak harus berakhir saat sesi harian Anda selesai. Faktanya, Anda harus menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk merangsang sistem penciuman Anda. Baik Anda sedang memasak makanan, memanjakan diri di tempat berkebun, atau menggantung pakaian yang baru dicuci, fokuslah untuk memperhatikan sumber aroma saat Anda menghirup. Ini akan membantu Anda mengingat kenangan yang terkait dengan aroma yang dipancarkan. Lakukan latihan rutin dari hal-hal sederhana yang dapat dijumpai sehari-hari. 

(Penulis:Annie Hayes; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)