Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sepasang Dior Air Jordan 1 Mencuri Perhatian Saat Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

Nikolas Ajagu muncul untuk menyaksikan bibi mertuanya disumpah mengenakan salah satu sepatu kets paling langka tahun 2020.

Sepasang Dior Air Jordan 1 Mencuri Perhatian Saat Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

Upacara pelantikan presiden kemarin adalah acara yang menghadirkan banyak inspirasi gaya. Faktanya, itu adalah acara yang sangat menggembirakan (Bernie Sanders dalam balutan Burton! Ella Emhoff dalam balutan Miu Miu!) Sehingga bisa menyaingi salah satu acara paling menawan yang disiarkan baru-baru ini di Milan. Tapi perbincangan yang menjadi topik panas secara online melibatkan Nikolas Ajagu, suami dari Meena Harris dan keponakan dari Kamala Harris, yang muncul ke upacara dengan sepasang sepatu Jordan 1 yang sangat langka dari kolaborasi merek tersebut pada tahun 2020 dengan Dior. (Sneakers yang sangat menawan sehingga dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik tahun ini.)


Streetwear dan perlengkapannya telah lama memberikan penghubung antara rumah mode papan atas dan streetwear, kolaborasi Dior x Jordan menjadi  bukti nyata terjadinya pengaruh budaya pada industri fashion. Sepatu kets yang langka inipun muncul di siaran langsung TV selama pelantikan presiden (dan nyaris mencuri perhatian) adalah tonggak sejarah baru, bahkan untuk sepatu yang didambakan seperti Dior 1.

Memadupadankan sepatu ke dalam busana formal adalah pilihan cerdas yang dipilih oleh Ajagu (Kemarin, istilah "Dior 1" menjadi tren di seluruh dunia di Twitter). Hal ini juga menunjukkan pergeseran yang lebih luas dalam jiwa nasional, sarana simbolis untuk menunjukkan perubahan nyata dalam perspektif dan prioritas partai yang berkuasa. Setelah masa jabatan presiden didefinisikan, sebagian, dengan mengangkat ornamen kemewahan tradisional sebagai bukti dari beberapa bentuk legitimasi politik, inilah Ajagu, dalam sepasang sepatu yang berbicara dengan gagasan baru (dan terus terang jauh lebih relevan) tentang apa yang didambakan oleh banyak orang.

Dior 1 bukanlah pilihan populis, harga jual awal sepatu tersebut mencapai angka $2.000 dan harga jualnya pun naik lebih tinggi dari harga tersebut. Dengan demikian hal itu memberikan sinyal kepada tingkat kesadaran budaya yang jarang terlihat di White House selama masa jabatan Donald Trump empat tahun terakhir.

Dalam kata lain, gambar salah satu sneakers yang paling banyak dibicarakan tahun 2020 perlahan-lahan menuruni tangga podium perdana yang mewah adalah salah satu cara yang tidak akan segera dilupakan oleh sebagian besar para pencinta sepatu. 

(Penulis: Avidan Grossman; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa:Nursifaa Azzara; Foto: Courtesy of Bazaar US)