Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Sosok Anak dan Cucu Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden

Mengenal lebih dekat keluarga Presiden terbaru Amerika Serikat.

Mengenal Sosok Anak dan Cucu Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden

Fokus Joe Biden pada pentingnya peran keluarga memang telah ia unjuk saat ia melakukan rangkaian kampanye di tahun 2020. Terbukti pada kisah cinta calon presiden dari Partai Demokrat selama puluhan tahun dengan Dr. Jill Biden, ikatan dekatnya dengan cucu-cucunya, dan tragedi yang dialaminya karena harus kehilangan dua anak dan istri pertamanya. Sekarang, saat ia bersiap mengemban tugas menjadi presiden Amerika Serikat ke-46, semua mata tertuju padanya, dan keturunannya.

Mantan wakil presiden itu berbagi tiga anak tertuanya (Hunter, Beau, dan Naomi Biden) bersama dengan mendiang istrinya, Neilia Hunter. Ia kemudian menyambut putri bungsunya, Ashley Biden, dengan istri keduanya, Jill. Keluarga tersebut menjadi lebih besar secara signifikan ketika Anda memperhitungkan junlah cucu yang dimiliki oleh pasangan itu.

Cucu Joe rupanya adalah sosok yang menyampaikan kabar kemenangan Joe kepada dirinya. Menurut NBC News, kala itu Joe dan Jill Biden sedang duduk di teras belakang rumah mereka ketika cucu mereka bergegas keluar untuk memberitahunya, "Pop, Pop! Kita menang!" Cucu Naomi Biden membagikan foto pelukan kelompok keluarga Biden saat mereka merayakan kemenangan.

Di bawah ini, baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang klan Biden.

Naomi Biden

Naomi berusia satu tahun ketika ia meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972. Ibunya, Neilia, juga meninggal dalam kecelakaan yang sama.

Joseph 'Beau' Biden

Dikenal dengan julukannya, Beau adalah seorang politisi terkenal yang bekerja erat dengan Kamala Harris.

Pada tahun 2003, ia bergabung dengan Pengawal Nasional Angkatan Darat sebagai mayor di Korps Advokat Jenderal Hakim. Setelah itu, ia terjun ke dunia politik, dan berhasil terpilih sebagai jaksa agung Delaware, posisi yang ia jabat dari tahun 2007 hingga tahun 2015. Ia kemudian berencana mencalonkan diri sebagai gubernur Delaware pada 2016, tetapi meninggal pada tahun 2015 setelah berjuang melawan kanker otak.

"Setelah putra kami, Beau, meninggal karena kanker, saya bertanya-tanya apakah saya dapat tersenyum atau merasakan kegembiraan lagi. Saat itu musim panas, tetapi tidak ada lagi kehangatan yang tersisa untuk saya," kata Jill dalam pidatonya di Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 2020. "Empat hari setelah pemakaman Beau, saya melihat Joe bercukur dan mengenakan setelan jasnya. Saya melihatnya menguatkan dirinya di cermin, menarik napas, menegakkan bahunya, dan berjalan keluar ke dunia yang kosong tanpa adanya lagi putra kami. Ia kembali bekerja. Itulah dirinya."

Ia (Beau) meninggalkan istrinya, Hallie Olivere, dan kedua anaknya, Natalie Biden dan Robert Hunter Biden II.

Joe dan Beau saat berada di atas panggung DNC pada tahun 2008.
Joe dan Beau saat berada di atas panggung DNC pada tahun 2008.

Robert Hunter Biden

Lebih akrab disapa dengan nama tengahnya, Hunter saat ini bekerja sebagai pengacara dan merupakan pendiri perusahaan modal ventura Eudora Global.

Hunter juga telah terjerat dalam drama tabloid karena perjuangannya dengan obat-obatan terlarang serta "kehidupan pribadinya yang kacau," menurut ABC.

“Saya minta maaf padanya,” Hunter mengatakan tentang percakapan dengan ayahnya, menurut sebuah wawancara dengan New Yorker, “dan ia berkata, 'Sayalah yang harusnya minta maaf,' dan kami berdebat terus tentang siapa yang harus lebih menyesal. Dan kami berdua akhirnya menyadari bahwa satu-satunya jalan keluar untuk semua ini adalah menang. Ia berkata, 'Lihat, itu akhirnya akan tetap terjadi.' Benar-benar ada tujuan yang lebih besar di sini, dan ini akan tetap terjadi. Jadi, bisakah Anda selamat dari serangan itu? ”

Ia juga terbuka tentang hidup dengan kecanduan. "Lihat, semua orang pasti menghadapi rasa sakit," katanya pada majalah itu. “Setiap orang memiliki trauma. Ada kecanduan di setiap keluarga. Saya berada dalam kegelapan itu. Saya berada di terowongan itu, terowongan yang rasanya tidak pernah berakhir. Anda tidak dapat menyingkirkannya. Namun Anda harus dapat menemukan cara untuk menghadapinya."

Jill dan Hunter saat menghadiri acara bersama di tahun 2013.
Jill dan Hunter saat menghadiri acara bersama di tahun 2013.

Pada tahun 2017, Hunter bercerai dari Kathleen Buhle, dan ia berbagi tiga anak: Naomi (dinamai berdasarkan mendiang bibinya), Finnegan, dan Maisy Biden. Segera setelah itu, Hunter memulai hubungan dengan Hallie, janda mendiang kakaknya. "Kami berbagi kesedihan yang sangat spesifik," kata Hunter tentang hubungan mereka dengan New Yorker. "Saya mulai menganggap Hallie sebagai satu-satunya orang dalam hidup saya yang memahami kehilangan saya."

Hallie dan Hunter akhirnya berpisah pada tahun 2019. Hunter sejak itu menikahi Melissa Cohen, seorang pembuat film dari Afrika Selatan, menurut Washington Post.

Ashley Blazer Biden

Anak bungsu dari Joe Biden adalah lulusan Universitas Tulane yang kemudian menjadi direktur eksekutif Delaware Center for Justice, sebuah organisasi nirlaba yang berorientasi pada reformasi peradilan pidana. Ia juga bekerja sebagai pekerja sosial di Delaware selama 15 tahun.

Joe dan Ashley saat menghadiri acara Bloomberg & Vanity Fair pada tahun 2015.
Joe dan Ashley saat menghadiri acara Bloomberg & Vanity Fair pada tahun 2015.

Sebagai seorang anak, Ashley memiliki pengaruh pada langkah politik ayahnya. Menurut wawancara dengan DelawareToday, ia pernah mendekati Joe dan "memberikan hasil penelitian, poster serta berbicara tentang bagaimana kita perlu menyelamatkan lumba-lumba," yang akhirnya mendorong ayahnya untuk berkolaborasi dengan anggota Kongres Barbara Boxer untuk menyusun Undang-Undang Informasi Konsumen Perlindungan Lumba-lumba tahun 1990.

Sekarang, Ashley telah beralih ke industri fashion. Pada tahun 2017, ia mendirikan Livelihood, sebuah perusahaan pakaian buatan Amerika. "Label Livelihood secara khusus menyorot mengenai ketimpangan pendapatan," katanya sebelumnya kepada Elle. "Dan ketimpangan rasial serta ketimpangan pendapatan."

Berbicara dengan saudara laki-lakinya, Hunter, di Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 2020, Ashley mengatakan bahwa ayahnya akan menjadi sosok yang "sangat stabil" sebagai seorang presiden, dan bahwa ia akan "mengatakan yang sebenarnya, bahkan ketika Anda tidak ingin mendengarnya" .

Ia saat ini menikah dengan Howard Kerin, seorang ahli bedah plastik.

Pada Januari 2021, Ashley melakukan wawancara televisi pertamanya, berbicara dengan Jenna di acara Today's Jenna Bush Hager. "Saya sangat bangga. Saya sangat bangga dengan ayah saya," katanya dalam percakapan tersebut.

Tentang mendiang Neilia dan Naomi Biden, Ashley mengatakan bahwa tragedi tersebut membentuk komitmen Joe kepada keluarganya.

"Ayah sangat berempati dan memiliki kemampuan untuk mengenali rasa sakit, merasakan sakit orang lain, dan menghibur," katanya. "Ayah juga menjadikan keluarga sebagai nomor satu. Kami masih memiliki aturan, hari ini, bahwa di mana pun Ayah berada, tidak peduli pertemuan apa yang ia hadiri, jika salah satu dari anak-anaknya menelepon, tim ayah harus mengeluarkannya dari pertemuan untuk dapat berbicara dengan anak-anaknya."

Naomi Biden

Naomi adalah putri Hunter yang berusia 26 tahun dari hasil pernikahan dengan istri pertamanya, Kathleen. Ia diberi nama setelah mendiang putri Joe Biden yang meninggal pada tahun 1972. Dalam cuitan yang menyentuh hati baru-baru ini, ia mengatakan kepada presiden terpilih, "Saya bangga menjadi cucu Anda setiap hari."

Setelah Joe Biden menjadi kandidat Presiden hasil usungan Partai Demokrat, Naomi mengungkapkan di Twitter bahwa ia dan sepupunya mentraktir kakek mereka es krim. "Pop, malam ini Anda harus menyantap es krim langsung dari kemasan," tulis mereka dengan nada manis.

Baru bulan Mei ini, Naomi lulus dari Columbia Law School, dan kakeknya bahkan memberikan keynote speech secara daring. Sebelumnya, ia adalah seorang mahasiswa di University of Pennsylvania dan lulus pada tahun 2016, bersama dengan Tiffany Trump. Keduanya sempat memicu kebingungan setelah berfoto bersama, tetapi Naomi tidak takut untuk mengkritik Donald Trump di Twitter.

Selama masa jabatannya (Joe) sebagai VP, Naomi ikut serta dalam sejumlah perjalanan ke luar negeri, termasuk ke Selandia Baru, Australia, Turki, dan Mongolia.

(Foto: Courtesy of Instagram @naomibiden)
(Foto: Courtesy of Instagram @naomibiden)

Finnegan Biden

Adik perempuan Naomi Biden, Finnegan terlihat selalu setia di berada di sisi kakeknya selama masa kampanye. Seperti Naomi, ia dinamai berdasarkan kerabat almarhum: ibu Joe Biden, Catherine Eugenia "Jean" Finnegan Biden.

Pada bulan Agustus, ia bergabung dengan saudara perempuan dan sepupunya, Natalie saat memperkenalkan kakek mereka dalam sebuah video pendek yang manis.

Finnegan saat bersama dengan kakeknya di Nevada pada Februari 2020.
Finnegan saat bersama dengan kakeknya di Nevada pada Februari 2020.

Maisy Biden

Maisy adalah anak bungsu dari hasil pernikahan Hunter dan Kathleen Biden. Seperti saudara-saudaranya, ia kerap kali terlihat menemani kakeknya dalam perjalanan internasional (termasuk ke Kolombia dan Kenya) ketika Joe menjabat sebagai wakil presiden. Menurut Chicago Tribune, Maisy juga dekat dengan Sasha Obama. Mereka pergi ke sekolah yang sama, bermain basket bersama, dan sama-sama masih muda ketika ayah dan kakek mereka  memasuki kantor.

Bahkan Joe Biden pun mengakui ikatan erat Maisy dan Sasha. "Teman baiknya adalah Sasha Obama," katanya. "Barack, Jill dan seluruh keluarga, kami berkumpul bersama" untuk kelulusan sekolah menengah mereka.

Maisy bersama dengan kakeknya, Joe Biden saat berada di Kolombia pada tahun 2014.
Maisy bersama dengan kakeknya, Joe Biden saat berada di Kolombia pada tahun 2014.

Natalie Biden

Natalie adalah putri Hallie yang berusia 16 tahun dengan mendiang Beau Biden. Dalam video terbaru untuk Konvensi Nasional Partai Demokrat 2020, ia dan sepupunya, Naomi berbicara tentang seperti apa Dr. Jill Biden sebagai seorang nenek. "Menurut saya ia bukan sosok nenek biasa," kata Naomi. "Ia memiliki kepribadian yang iseng, dan ia sangat nakal." Natalie menambahkan, "Kami memiliki banyak cerita."

Natalie Biden bersama dengan Dr. Jill Biden dan Joe Biden saat menghadiri acara Delaware Memorial Day pada tahun 2019.
Natalie Biden bersama dengan Dr. Jill Biden dan Joe Biden saat menghadiri acara Delaware Memorial Day pada tahun 2019.

Robert "Hunter" Biden II

Anak kedua dari Beau dan Hallie Biden, lahir tahun 2006, dinamai menurut nama pamannya. Remaja berusia 14 tahun itu bergabung dengan saudara perempuan dan sepupunya dalam melafalkan sumpah setia di Konvensi Nasional Demokrat 2020.

Bayi Biden 2018

Hunter menyambut seorang anak, yang tidak disebutkan namanya dan lahir pada tahun 2018, bersama Lunden Alexis Roberts dari Arkansas. Meskipun Hunter awalnya membantah bahwa ia adalah ayah dalam gugatan pengadilan, hakim dalam kasus tersebut memutuskan bahwa ia adalah "ayah biologis dan sah" dari anak tersebut.

Bayi Biden 2020

Keluarga besar Biden kembali menyambut anggota lain pada Maret 2020 ketika Hunter Biden dan istri barunya, Melissa Cohen, menyambut “bayi laki-laki yang cantik dan sehat” di Los Angeles, Page Six melaporkan.


(Penulis: Chelsey Sanchez dan Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)