Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tips Merawat Wajah Pria dengan Praktis

Sebab wajah bersih dan sehat tak hanya untuk wanita saja.

5 Tips Merawat Wajah Pria dengan Praktis

Sudahkah Anda merasa mulai membutuhkan perawatan wajah yang lebih baik? Berbeda dengan wanita, pria seringkali mengesampingkan pentingnya perawatan kulit wajah untuk tampilan prima. Biasanya, wajah yang bersih dan sehat adalah tampilan yang diinginkan oleh semua orang. 

Menurut kami, masa karantina ini adalah saat yang tepat untuk Anda para pria yang ingin mulai merawat wajah. Mengapa? Karena selain dapat memanfaatkan waktu luang untuk hal berguna, nyatanya langkah perawatan wajah ini tak harus selalu berbelit-belit. Perawatan wajah pria dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Tingkat kerumitannya pun dapat ditentukan oleh Anda sendiri.

Sedikit informasi yang perlu diketahui, bahwa kulit wajah pria memiliki karakter yang agak berbeda dengan kulit wajah wanita. Kulit pria cenderung 25 persen lebih tebal daripada wanita, memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi, dan kulit wajah pria memproduksi lebih banyak minyak yang artinya masalah kulit seperti jerawat dapat menjadi lebih buruk. 

Berikut 5 tips praktis perawatan wajah pria menurut Bazaar:

1.     Ketahui jenis kulit Anda


Tidak semua orang diciptakan dengan jenis kulit yang sama. Anda bisa saja memiliki kulit sensitif, kulit berminyak, kulit kering, atau kulit kombinasi (perhatikan perbandingan kondisi daerah T dan pipi Anda). Setelah itu, baru Anda dapat menentukan produk-produk yang terbaik untuk kulit Anda. 

2.     Cleansing


Mulai rutinitas membersihkan wajah dengan face wash. Cleanser yang baik akan membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah Anda. Kulit yang bersih merupakan dasar yang baik untuk aplikasi skincare yang efektif.

L'Occitane Cedrat Pure Cleanser
L'Occitane Cedrat Pure Cleanser

3.     Toning


Piih toner yang tidak mengandung alkohol dan bahan berbahaya lainnya. Toner berfungsi untuk melembapkan dan mempersiapkan kulit wajah Anda untuk aplikasi produk selanjutnya. Kini telah tersedia beragam jenis toner yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Anda, misalnya toner yang berfungsi untuk mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kusam, hingga mengatasi jerawat dan minyak berlebih. Tuangkan beberapa tetes ke atas tangan Anda, kemudian ratakan dan tepuk-tepuk untuk penyerapan yang lebih baik.

Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Water
Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Water

4.     Moisturizing

Moisturizer untuk wajah kini banyak tersedia baik dalam bentuk cream, lotion, hingga oil. Produk ini berfungsi untuk melembapkan wajah Anda dan memastikan kadar air tak berkurang dari kulit Anda (terutama bagi Anda yang tinggal dan beraktivitas dalam ruangan ber-AC). Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan rata ke seluruh permukaan wajah. Beberapa moisturizer kini juga telah diinjeksi dengan beragam bahan lain yang mampu menutrisi kulit.

Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream
Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream

5.     Protection (Untuk pagi dan siang hari)

Sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi dari pancaran sinar UV, baik UVA maupun UVB yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan hingga kanker kulit. Jatuhkan pilihan pada sunscreen dengan tekstur yang nyaman digunakan dan tentukan tingkat SPF yang sesuai.

Dermalogy by Neogen Day Light Protection Sunscreen SPF50/PA+++
Dermalogy by Neogen Day Light Protection Sunscreen SPF50/PA+++
 

Di samping tahapan di atas, langkah-langkah berikut kami tambahkan bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah lebih baik lagi. Beberapa jenis produk berikut dapat menjadi tambahan step di antara produk-produk yang sudah kami sebutkan di atas.

1.     Serum


Serum dapat dikatakan sebagai produk dengan bahan aktif yang dapat menjawab kebutuhan spesifik kulit Anda, misalnya masalah hiperpigmentasi, kulit menua, atau kulit kusam. Perlu diingat, efektivitas serum bergantung pada kondisi permukaan kulit Anda, oleh sebab itu kami menyarankan aplikasinya di antara toner dan moisturizer.

Sensatia Anti-Wrinkle Serum for 30+ Years
Sensatia Anti-Wrinkle Serum for 30+ Years

2.     Eye Cream


Tahukah Anda bahwa kulit di bawah mata sering menjadi bagian yang mengalami tanda-tanda penuaan dini? Hal ini biasanya disebabkan oleh tampilannya yang mengendur, menggelap, atau terlihat puffy. Kulit di bagian bawah mata memiliki karakteristik yang lebih sensitif dan tipis dibandingkan bagian muka lainnya, sehingga Anda memerlukan produk dengan formulasi berbeda untuk mengatasi permasalahannya.

Dior Homme Dermo System Anti-Fatigue Firming Eye Serum
Dior Homme Dermo System Anti-Fatigue Firming Eye Serum

3.     Exfoliator


Pengelupasan kulit akan membantu untuk membersihkan sel-sel kulit mati sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut berkat lapisan kulit baru yang muncul ke permukaan. Ada beragam bentuk exfoliator, baik berupa facial scrub (physical exfoliator) hingga essence, krim, atau masker (chemical exfoliator). Tak perlu menggunakan exfoliator secara berlebihan. Dua kali dalam seminggu sudah cukup.

Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum
Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum

Aplikasikan langkah-langkah merawat kulit di atas secara rutin di malam hari sebelum tidur. Jika di pagi hari Anda merasa aplikasi produk di wajah terlalu merepotkan, Anda cukup mengaplikasikan sunscreen saja. 

Sampai tahap ini, apakah cara merawat kulit wajah pria masih membingungkan untuk Anda? Jika tidak, apalagi yang Anda tunggu. Segera coba tips praktis perawatan wajah pria dari kami dan lihat perbedaannya beberapa minggu mendatang.

 

Foto: Courtesy of Neogen, Sensatia, Dior Homme Dermo System, Sulwhasoo, Some by Mi, Kiehl's, L'Occitane, 123rf.com 114994232 // Olena Yakobchuk)