Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

London Fashion Week Akan Berlangsung dengan "Pintu Tertutup"

Jadwal peragaan busana masih belum stabil imbas pandemi Covid-19.

London Fashion Week Akan Berlangsung dengan "Pintu Tertutup"

British Fashion Council telah mengumumkan bahwa London Fashion Week akan berlangsung pada Februari mendatang, tetapi peragaan busana itu tidak akan ada kursi front row.

Masih dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19, peragaan busana siap pakai berikutnya yang dijadwalkan di ibu kota akan diizinkan berlangsung, tetapi tidak akan ada penonton yang hadir dalam peragaan tersebut, menjadikannya acara khusus digital, hal tersebut telah diresmikan oleh BFC.

Peragaan busana akan dilaksanakan, tetapi seluruh rumah mode harus menampilkan karya dalam bentuk foto atau film untuk penonton di rumah, yang dapat mengeksplor koleksi baru melalui media sosial dan di platform digital baru London Fashion Week.

Meski belum ada konfirmasi dari setiap ibu kota mode utama, kemungkinan besar musim ini akan menjadi kelanjutan presentasi digital. Fédération de la Haute Couture et de la Mode (organisasi yang menyelenggarakan pekan mode di Paris) telah memberitahu seluruh label bahwa acara couture dan pakaian pria dapat dilanjutkan bulan ini, tetapi mereka tidak akan diizinkan untuk mengundang tamu. Hal ini kemungkinan besar akan terjadi pada acara pakaian siap pakai wanita yang akan digelar bulan depan.

Sudah hampir setahun sejak industri fashion pertama kali melihat pembatalan peragaan busana akibat dari pandemi Covid-19 - dan sepertinya jadwal pertunjukan biasanya tidak akan kembali setidaknya untuk satu musim lagi.


Berikut busana-busana terbaik dari London Fashion Week musim semi / musim panas 2021

Burberry

Burberry memulai musim semi / musim panas 2021 di London Fashion Week dengan pertunjukan yang merayakan pembaruan, alam, dan musim panas Inggris. Direktur kreatif Riccardo Tisci berkolaborasi dalam acara itu dengan Anne Imhof, seorang seniman yang identik dengan pertunjukan ketahanan dan karya instalasinya yang inovatif. Bersama-sama, mereka menyusun "peragaan busana sebagai pertunjukan" yang dipentaskan secara virtual, disiarkan langsung di Instagram, Twitch, dan di website Burberry, yang menampilkan para model berjalan melintasi hutan dalam koleksi baru.

Gareth Pugh

Setelah beberapa musim meleset dari jadwal, Gareth Pugh kembali ke London Fashion Week dengan karya yang dibuat bekerja sama dengan fotografer terkenal Nick Knight dan artis digital Jon Emmony. Karya ini merayakan interaksi abadi antara mode, musik, dan film dan disajikan sebagai "album konsep visual", yang menampilkan 13 penampilan yang terinspirasi oleh 13 lagu ikonis. Itu ditangkap dalam 13 gambar dan 13 film pendek.

"Naomi Klein berbicara tentang gagasan bahwa di saat krisis, gagasan yang tampaknya tidak mungkin menjadi mungkin ... Saat ini, tidak ada aturan. Tidak ada batasan. Kami ditawari kesempatan untuk menemukan masa depan," kata Pugh dalam sebuah pernyataan.

Tak satupun busana dalam koleksi tersebut akan dijual, tetapi koleksi kapsul yang menampilkan cetakan Pugh akan disumbangkan untuk Refuge, badan amal terkemuka Inggris yang menangani efek kekerasan dalam rumah tangga.

Victoria Beckham

Untuk musim semi/musim panas 2021, Victoria Beckham berencana untuk menggelar sejumlah pertunjukan catwalk bergaya salon kecil yang hanya akan dihadiri 15 orang di setiap presentasi. Namun, desainer tersebut merubah pikirannya pada saat-saat terakhir, merasa pertunjukan itu tidak pantas, dan akhiirnya menyajikan koleksinya kepada editor dengan cara yang bahkan lebih intim, membicarakannya satu per satu.

Koleksinya, yang jauh lebih kecil dari biasanya dengan hanya 20 tampilan, sederhana dan dikupas kembali (Victoria bahkan menampilkan jeans untuk pertama kalinya), tetapi bukan berarti keanggunan yang telah menjadi ciri khas karyanya hilang. Gaun lilac yang ramping dengan detail renda hitam berpadu dengan teknik penjahitan yang apik dan perpisahan yang tajam. Busana yang akan dengan mudah menjadi penarik atensi bagi pelanggannya, baik mereka bekerja dari rumah atau tidak.

Simone Rocha

Simone Rocha meminta beberapa tamu terkenal untuk menjadi modelnya untuk koleksi musim semi / musim panas 2021, termasuk penari ternama dari Royal Ballet Francesca Hayward. Koleksinya merupakan perayaan "kenyamanan dan keamanan”, dan potongan-potongannya menonjolkan penekanan pada pinggul yang dibuat secara berlebihan, "busur bulat", dan siluet tebal yang terlihat di serangkaian gaun dan mantel pada koleksi tersebut. Aksen pakaian dalam dan harness di atas kain dirancang untuk memiliki efek penahan dan grounding, sementara semua penampilannya dilengkapi dengan sepatu ergonomis, "menghadirkan energi dan kecepatan yang kontras dengan keheningan," jelas catatan Simone Rocha pada saat mempresentasikan koleksinya.

(Penulis: Amy de Klerk; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Nursifaa Azzara; Foto: Courtesy of Bazaar UK)