Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pemerintah Provinsi Bali Umumkan Kerja Sama dengan Christian Dior

Christian Dior gandeng penenun kain endek Bali untuk koleksi terbaru.

Pemerintah Provinsi Bali Umumkan Kerja Sama dengan Christian Dior

Pemerintah Provinsi Bali bersama Christian Dior telah resmi membangun kerja sama untuk mempromosikan salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu kain endek Bali. 


Kerja sama ini telah disepakati kedua belah pihak dan diikat dengan penandatanganan Letter of Intent secara virtual oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang mewakili keseluruhan Pemerintah Provinsi Bali. Para penenun kain endek Bali berhasil mengangkat derajat produk lokal Indonesia, oleh karena itu mereka patut diberikan apresiasi. Momentum ini menjadi peristiwa penting dalam sejarah pelestarian warisan budaya Indonesia.

Foto: Courtesy of Instagram @pemprov_bali
Foto: Courtesy of Instagram @pemprov_bali


Kesepakatan tersebut mencakup pernyataan untuk mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia, khususnya pemanfaatan tenun ikat endek Bali dalam produk Dior dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah di Bali yang memproduksi tenun ikat endek.


Dalam rangka merayakan peristiwa bersejarah ini, Gubernur Koster turut memberikan apresiasi kepada Duta Besar RI di Paris, Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, serta Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI. 


Selain itu, Gubernur Koster juga memberikan pernyataan terima kasih kepada rumah mode asal Prancis tersebut, "Gubernur Bali mewakili Pemerintah Provinsi dan masyarakat Bali menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Christian Dior yang memiliki niat baik untuk menggunakan dan mempromosikan kain endek Bali yang diproduksi secara tradisional oleh penenun kaum perempuan asal Bali ini.” 

Dari sisi keindahan dan craftsmanship, memang kain endek Bali tak perlu diragukan lagi. Kain yang menghiasi koleksi Dior Spring/Summer 2021 itu menjadi bahan perbincangan di dunia mode setelah dipresentasikan pada pergelaran busana di bulan September lalu.

Kolaborasi ini juga dilakukan dalam proses yang sangat hati-hati, antara KBRI di Paris dan Dior memastikan bahwa penggunaan kain Endek ini harus sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali. Provinsi Bali turut memberi dukungan penggunaan kain Endek Bali, dan meminta Dior untuk sepenuhnya menghormati HAKI Kain Endek. Satu lagi yang tak kalah penting, kain Endek yang digunakannya pun harus asli diproduksi di Bali. 

Lihat koleksi detailnya di sini.

(Penulis: Nursifaa Azzara; Foto: Courtesy of Dok. Bazaar)