Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cari Tahu Siasat Menghadapi Tahun 2021 Dari Ahli Feng Shui, Jenie Kumala Dewi

Kupas tuntas prediksi 12 shio untuk menghadapi sepanjang tahun 2021 bersama dengan pakar feng shui, Jenie Kumala Dewi.

Cari Tahu Siasat Menghadapi Tahun 2021 Dari Ahli Feng Shui, Jenie Kumala Dewi

Di awal tahun 2021, tidak ada salahnya bagi kita mempersiapkan diri untuk menghadapi 12 bulan kedepan di tahun 2021 agar dapat melewati sepanjang tahun ini dengan baik. Tahun 2021 yang menjadi tahun bagi shio kerbau, apa yang akan terjadi dan bagaimana cara kita mengantisipasi langkah kita dalam menghadapi tahun 2021 ini? 

Untuk menjawab segala pertanyaan tersebut, dalam seri Brunch With Dave Hendrik di episode perdana di tahun 2021, Dave mengundang sosok pakar feng shui, Jenie Kumala Dewi untuk dapat membagikan prediksinya untuk sepanjang tahun 2021 dari kaca mata 12 shio yang ada. Mari simak perbincangannya di bawah ini:

 “Selamat tahun baru Jen 2021! Jen, langsung tanpa basa-basi ya kita semua tuh penasaran deh bisa tidak kita melihat secara general dari sisi feng shui untuk tahun 2021 akan seperti apa?” tanya Dave membuka perbincangan.


“Saya sedikit cerita di tahun sebelumnya ya karena ini berhubungan dengan tahun ini juga karena sebenarnya yang menentukan langkah tahun 2021 itu adalah tahun sebelumnya. Jadi sebelum tahun kerbau (tahun ini) itu tahun tikus kan.

Nah, kalau tahun tikus itu dalam urutan 12 shio, dia itu masuk di urutan pertama. Jadi itu urutannya tikus yang pertama dan saya melihat dari tahun kemarin dari keseimbangan unsurnya juga tikusnya tikus logam jadi over energy, kelebihan air, lalu tikus yang menjadi mulanya shio itu artinya awal. Dan di awal tahun kemarin saya sudah bilang in the year of rat, everything will start from zero.  

Dan benar dong tahun kemarin seperti ibaratnya ke reset semuanya. Di tahun tikus itu tidak ada yang menyangka ada pandemi kan. Nah, itu start from zero menurut saya. Lalu sekarang kami bayangkan ya, while kita start from zero to one itu bagaimana caranya? Habis tikus itu kerbau tentunya. Jadi from zero to one itu langkah kita masih baru merangkak sekali. Di tambah tahun kemarin tikus over energy, jadi ada yang tidak seimbang semua aspek kehidupan tapi masuk ke tahun kerbau, sifatnya itu adalah kerja keras. Jadi biasa kalau yang shio kerbau itu sifatnya pekerja keras, kuat, lalu geraknya lambat.

Berbeda dengan tikus, tikus kan gesit jadi semua orang banyak yang galau tiba-tiba bisa dapat proyek besar lalu tiba-tiba bisa lost the project. Kalau tahun kerbau ini tidak bisa naik turun naik turun karena kerbau kan gerakannya lambat. Jadi tahun kerbau itu kecenderungannya itu dia akan bergerak satu per satu, lambat, slow but sure. Jadi di tahun kerbau ini kita harus bersiap-siap untuk mengatur langkah supaya efisien dan efektif. Karena dari 0 ke 1 itu ibaratnya kita baru merangkak sekali ya udah begitu kita kerja keras lalu lambat.

Berbeda dengan tahun tikus, kita bisa naik bisa turun namun setidaknya bisa naik kan. Kalau ini lambat, bahkan di grafik kalender saya, saya melihat dari Januari, Februari, Maret, April grafik saya itu agak turun.

Jadi awal tahun ini benar-benar perjuangan sekali karena kita merangkak dari 0 ke 1 sementara gerakan kerbau itu slow but sure dan kadang-kadang kerbau itu bekerja membajak sawah, ya kita tahu kan orang Indonesia makan nasi yang didapat dari hasil kerja keras si kerbau. Nah, jadi kerbau itu kerja keras untuk orang lain dan bahkan kadang-kadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Tahun ini bisa juga terjadi over energy karena ada kerbau dan logam.

Tanah mendukung logam jadi logam itu over energy lagi. Jadi masih sama, masih over energy tapi bukan ingin menakut-nakuti tapi agar dapat antisipasi tahun ini tidak boleh memaksakan tapi tetap harus kerja keras. Jadi semua tahun ini itu harus realistis, harus berjalan to be real dan tidak boleh yang aneh-aneh,” papar Jenie.


“Kalau boleh tahu Jen, maksud Jenie yang tidak boleh aneh-aneh itu seperti apa ya?” kupas Dave. 


Doesn’t make sense. Jadi misalnya kamu mau pergi keliling dunia. Yang seperti itu kan berarti tidak masuk akal untuk dilakukan tahun ini. Atau misalnya memperluas usaha membuka cabang baru di mall A B C, berarti kan ibaratnya kita membuka cabang namun di kondisi pandemi sedangkan lagi PSBB mall kan mengurangi jam operasional mereka. Berarti ini kan doesn’t make sense. Dan ini 6 bulan pertama kalau saya lihat langkah kerbau ini baru bisa digerak setelah bulan Mei. Jadi good money itu di Mei, saya melihat ada di Mei, September, dan Januari 2022. Jadi masih panjang perjuangan tahun kerbau itu. Kalau kita berkata tahun tikus kemarin menyisakan banyak PR, maka berarti kita harus menyelesaikannya di tahun kerbau ini dengan efisien dan efektif. Tidak boleh membuang tenaga sia-sia lalu juga harus realistis," perdalam Jenie.


“Jadi message Jenie dari sudut pandang feng shui adalah kita harus lebih realistis di tahun 2021 gitu ya Jen?” rangkum Dave.


“Yes, betul sekali, realistis, efisien, efektif. Jadi efisien dan efektif itu memang penting sekali karena semua orang itu pada akhirnya tidak boleh membuang tenaga sia-sia karena over energy ini bisa membuat orang stres loh. Banyak sekali orang yang dapat berpeluang stres karena mereka ingin melakukan ini itu tapi tidak semudah itu terjadi. Jadi kalau menurut saya sih lebih baik do what you like and do with love. Itu sudah paling benar sih menurut saya tahun ini apalagi karena mengingat tahun ini over energy dan kesehatan juga masih tetap menjadi PR, keuangan juga tetap menjadi PR ,” papar Jenie.  


Wah, itu jargon yang menarik ya. Do what you like and do it with love. Oke kalau gitu sekarang kita membahas tentang shio ini. Shio untuk tahun 2021 ini bagaimana ini Jen?” tanya Dave.


“Saya bahas shio kerbau ya yang menjadi tajuk utama tahun ini. Nah, tahun kerbau ini adalah tahun paling baik untuk menikah. Lalu sekarang ini kerbau ketemu dengan kerbau itu bisa dibilang tahun ini kerja keras sekali. Tahun kerbau ini juga ada beban keluarga jadi shio kerbau ini harus bisa memisahkan dengan baik. Kalau Anda ada beban keluarga, pisahkan masalah keluarga dengan masalah pekerjaan jangan dicampur aduk. Hati-hati dengan orang-orang yang punya perusahaan keluarga. Tahun ini mereka yang punya perusahaan keluarga harus hati-hati sekali membedakan antara masalah keluarga dengan urusan pekerjaan. Lalu untuk keuangan ini shio kerbau karakteristiknya kan sebenarnya tidak boros, tapi entah mengapa shio kerbau di tahun ini ada kemungkinan pengeluaran yang tiba-tiba. Nah, kerbau ini ada kemungkinan pengeluaran yang tak terduga ini untuk keluarga. Nah, kalau bantu keluarga disarankan untuk bantu keluarga yang dekat-dekat saja. Jadi buat skala prioritas. Ditambah untuk masalah percintaan, sudah berat mengurusi masalah keluarga, kalau ingin menikah sebenarnya lebih baik jangan dulu ya. Apalagi kalau lagi ada beban keluarga takutnya akan terganggu ya.” jelas Jenie. 


“Sebagai penutup Jen, terakhir satu saja bicara mengenai kesehatan, in general untuk tahun 2021 to all the shio, to all of us seperti apa nih Jen” tanya Dave sebagai penutup dari perbincangan.


“Jadi gini Dave dengan adanya over energy unbalance element di tahun 2021, jadi ada unsur tertentu yang menjadi kelebihan. Jadi masih sama dengan tahun tikus kemarin. Tentunya kesehatan masih menjadi pertimbangan kita. Bukan hanya si corona saja yang akan menjadi masalah namun juga kesehatan mental. So make yourself happy, do what you like, love what you do. Buat diri Anda tahun ini lebih bahagia karena sehat atau tidak itu berawal dari inside our body,” tutup Jenie. 

Nantikan perbincangan lengkap Dave Hendrik bersama dengan pakar feng shui, Jenie Kumala Dewi termasuk pembahasan lengkap 11 shio lainnya di seri Brunch With Dave Hendrik yang akan ditayangkan di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia segera!

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Indonesia)