Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Rekomendasi Laptop Berkualitas untuk Menunjang Aktivitas Work from Home

Temukan laptop Anda berikutnya di sini.

7 Rekomendasi Laptop Berkualitas untuk Menunjang Aktivitas Work from Home

Walaupun kabar baiknya vaksin untuk coronavirus telah berhasil ditemukan dan sudah mulai dalam tahap pendistribusian, tampaknya kebijakan bekerja dari rumah atau work from home tak akan secepat itu berakhir. Dengan masih tingginya angka Covid-19 baik di dunia maupun skala nasional, maka tak ada salahnya untuk berinvestasi pada perangkat elektronik berupa laptop yang akan membantu Anda melewati masa-masa WFH. 

Namun dalam pencarian Anda untuk menemukan laptop yang dapat dijadikan kawan bekerja, hal ini tampak lebih mudah dikatakan ketimbang dilakukan. Sebelum melangkah lebih jauh, berikut ada beberapa istilah terpenting yang harus Anda ketahui ketika memilih laptop beserta spesifikasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • Sistem operasi: Sistem operasi (atau OS) adalah perangkat lunak utama yang digunakan komputer untuk menjalankan fungsi dasar. Tiga merek OS yang paling populer seperti Microsoft Windows, Apple macOS, dan Chrome OS. Menentukan sistem operasi yang tepat sesuai kebutuhan adalah hal terpenting untuk menunjang pengalaman kerja Anda, jadi pastikan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda dan yang sudah Anda familier (atau pilih sistem operasi yang baru jika Anda tidak keberatan untuk mempelajarinya).
  • Ukuran layar: Ini adalah tentang seberapa besar layar yang Anda inginkan. Ukuran layar biasa diukur secara diagonal dalam satuan inci. Perlu diingat, jika Anda memilih layar yang lebih besar, maka keunggulannya adalah jarak pandang yang lebih luas, namun kekurangannya adalah tidak ringkas.
  • Prosesor (atau yang juga disebut mikroprosesor): prosesor adalah chip kecil yang ada di komputer Anda dan gunanya untuk merespons instruksi dasar. Merek yang berbeda biasanya akan menggunakan jenis yang berbeda, yang berarti juga hadir dengan kecepatan yang berbeda-beda.
  • Drive: Ini adalah istilah yang merujuk kepada tempat penyimpanan data jangka panjang, dan diukur dalam gigabyte (atau biasa disebut dengan GB). Berbeda dengan komputer yang tempat penyimpanannya disebut hard disk drive (HDD), tempat penyimpanan di laptop biasanya disebut dengan nama atau solid state drive (SSD) karena lebih kecil dan ringan.
  • RAM (random-access memory): Pada dasarnya ini adalah sebutan untuk penyimpanan sementara yang diperlukan untuk proses apa pun yang Anda lakukan saat pengoperasian. Untuk sebagian besar, semakin banyak gigabyte RAM yang Anda miliki, maka akan semakin cepat program, media, dan game yang dapat berjalan.

Dengan segala pertimbangan di tangan, berikut telah kami rangkumkan 7 merek laptop terbaik yang dapat Anda jadikan laptop kerja-dari-rumah baru yang telah kami klasifikasikan sesuai kebutuhan:

1. Terbaik secara keseluruhan: Apple MacBook Pro 16 inci


Jika Anda pengguna sekaligus penggemar setia dari Apple, maka MacBook Pro 16 inci  adalah laptop terbaik dari Apple yang dapat Anda pilih. Selain dari layar 16 inci yang tergolong sangat besar dan indah, walaupun hadir dengan harga yang sayangnya tak murah, namun spesifikasi teknis yang memperlengkapi laptop ini mungkin membuat dirinya menjadi laptop paling kuat dalam daftar ini dan akan memberikan pengalaman penggunaan yang sangat baik dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

OS:  OS X Lion

Ukuran layar: 16 inci

Prosesor: 9th Gen Core i9.

Drive:  8TB SSD

RAM: 64 GB


2. Terbaik untuk pemakai windows: Dell XPS 15  


Menggabungkan kekuatan luar biasa antara body yang ringkas dan desain yang stylish, laptop ini tak ragu-ragu dalam hal operasional internal dan fitur yang mampu meningkatkan pengalaman komputasi Anda secara keseluruhan. Di antara desain dan juga fitur luar biasa, ada beberapa kelebihan utama yang dapat Anda jadikan pertimbangan seperti keyboard yang sangat nyaman, kemampuan speaker yang mengesankan, dan trackpad yang hebat. 

OS: Windows 10 Home 64-bit

Ukuran layar: 15.6 inci

Prosesor: 12.6GHz Intel Core i7-10750H

Drive: 512GB SSD

RAM: 16 GB

3. Terbaik untuk mobilitas: Samsung Galaxy Book S 

Dengan desainnya yang tipis dan ringan kemudian ditambah dengan kombinasi daya tahan baterainya yang luar biasa (tepatnya 17 jam), Samsung Galaxy Book S menjadi salah satu laptop yang brilian terutama bagi Anda dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tidak hanya itu saja, Galaxy Book S yang turut dilengkapi dengan konektivitas 4G internal, ini juga berarti Anda dapat tetap terhubung ke mana pun Anda pergi tanpa harus bergantung pada jaringan Wi-Fi publik (tidak hanya lebih cepat, namun juga lebih aman).

OS: Windows 10 Home 

Ukuran layar: 13.3 inci

Prosesor: 7nm 64-bit Octa-core

Drive: 512GB SSD

RAM: 16 GB

4. Terbaik untuk bisnis: Lenovo ThinkPad X1 Carbon (6th Gen) 


Jika Anda mencari laptop terbaik rilisan Lenovo yang dapat menunjang kebutuhan bisnis, maka ini adalah pilihan tepat. Meskipun ukurannya tergolong kecil, ThinkPad X1 Carbon hadir dengan hampir semua fitur yang Anda butuhkan dalam satu perangkat, menjadikannya laptop bisnis terbaik yang ada di kelasnya. Dengan masa baterai yang cukup lama yaitu hingga 15,5 jam, dan fitur pengisian daya yang cepat serta mampu mengembalikan kapasitas baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu satu jam, X1 Carbon adalah laptop yang memungkinkan Anda terus bekerja walaupun Anda sedang berada di luar rumah.

5. Terbaik untuk pengguna Chromebook: Google Pixelbook Go 


Meneruskan keahliannya dalam membuat Chromebook terbaik, Google kali ini merilis  Google Pixelbook Go yang menghadirkan banyak fitur premium Pixelbook ke perangkat yang lebih terjangkau. Selain menghadirkan fitur premium Pixelbook, perangkat ini juga hadir dengan masa pakai baterai yang fantastis dan keyboard yang brilian yang membuat kegiatan mengetik menjadi menyenangkan. 

OS: Chrome OS

Ukuran layar: 13.3  inci

Prosesor: 8th Gen Intel Core

Drive: 256 GB SSD

RAM: 16 GB


6. Terbaik untuk profesional muda dan pelajar: Asus ZenBook 13 


Sementara laptop Asus dikenal karena kualitas dan kenyamanannya, ZenBook 13 tampaknya menjadi salah satu model laptop paling menarik yang pernah dirilis oleh Asus. Dengan kinerja laptop yang baik, kualitas tampilan rata-rata layar juga dapat mendukung para editor dan gamer level pemula dengan daya tahan baterai yang sangat lama hingga 10 jam.

OS: Windows 10 Home

Ukuran layar: 13.3 inci

Prosesor: 1.6GHz Intel Core i5-8265U

Drive: 512GB SSD

RAM: 8 GB

7. Terbaik untuk harga terjangkau: Acer Flagship CB3-532 Renewed Chromebook 


Jika Anda mencari laptop dengan harga yang sesuai dengan kantong, maka laptop rilisan Acer mungkin dapat menjadi jalan tengah bagi Anda. Di antara banyak fitur yang ditawarkan, keunggulan utama yang menjadi daya tarik laptop ini adalah prosesor yang cepat, masa pakai baterai yang lama, kemampuan multimedia yang mumpumi, webcam internal, dan layar besar serta kemampuannya untuk meminimalkan silau terutama ketika berada di bawah terpaan sinar matahari. 

OS: Chrome OS

Ukuran layar: 15.6 inci

Prosesor: Intel Celeron

Drive: 16 GB SSD

RAM: 2 GB

Setelah melihat 7 laptop rekomendasi laptop beserta spesifikasi dan kemampuannya, mana pilihan favorit Anda untuk dijadikan perangkat yang menemani masa-masa bekerja dari rumah (maupun setelah pandemi berlalu)?

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Apple, Dell, Samsung, Lenovo, Google, Asus, Acer)