Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Baca, Ini Timeline Perjalanan Hubungan Kim Kardashian dan Kanye West

Setelah delapan tahun bersama, enam tahun menikah, dan berbagi empat anak, pasangan yang "berkuasa" ini kabarnya akan berpisah.

Baca, Ini Timeline Perjalanan Hubungan Kim Kardashian dan Kanye West

Tampaknya, dapat dipastikan tak akan pernah ada pasangan lain yang seperti Kimye.

Menurut informasi yang dihimpun dari People, E! News, dan Page Six, bintang reality show dan maestro bisnis Kim Kardashian West dan suaminya, rapper dan desainer Kanye West, telah secara resmi berpisah dan sedang dalam proses perceraian setelah enam tahun menikah. Pasangan itu sudah memiliki empat anak, yaitu North, Saint, Chicago , dan Psalm West.

Selama bertahun-tahun bersama, pasangan ini telah menjadi teladan sempurna yang berhasil mendefinisikan kembali konsep pasangan harmonis Hollywood, dan sukses mempertahankan minat publik selama hampir satu dekade bersama. Meskipun era cameo video musik over-the-top, penampilan front-row di peragaan busana, dan wawancara sampul yang mencengangkan pada akhirnya mungkin akan (atau bahkan sudah) berakhir, kita akan selalu memiliki kenangan mereka, dan, oh, masih banyak lagi!

Lihatlah kembali perjalanan hubungan Kim dan Kanye selama bertahun-tahun di bawah ini.

2003: Kim dan Kanye bertemu melalui teman mereka, Brandy.

"Saya pikir saya bertemu dengannya pada tahun 2002 atau 2003. Kala itu ia sedang merekam lagu dengan Brandy, dan saya adalah teman Brandy. Saya ingat dengan jelas saat menghabiskan waktu bersama dengannya, dan kemudian mereka membuat video bersama, jadi saya bertemu dengannya beberapa kali," kata Kim di episode peringatan 10 tahun Keeping Up with the Kardashians. "Ia bertanya kepada teman-temannya, 'Siapa Kim Kardajan ini?' ia tidak tahu siapa nama saya. "

Oktober 2010: Kanye tampil di Keeping Up with the Kardashians untuk pertama kalinya.

Pasangan itu dilaporkan pertama kali bertemu ketika Kim masih berkencan dengan model (dan mantan kekasih Halle Berry) Gabriel Aubry, dan syuting Keeping Up with the Kardashians. Kanye juga baru saja selesai dari hubungannya dengan model dan muse, Amber Rose. Kim dan Kanye tidak langsung berkencan, tetapi tetap berhubungan dan bersahabat satu sama lain.

April 2012: Kanye menyatakan cintanya pada Kim (bagaimana caranya?) lewat sebuah lagu.

Setahun setelah Kim berpisah dengan pemain NBA Kris Humphries (pernikahan Kim dan Kris hanya bertahan seumur jagung), Kanye merilis lagu "Cold", di mana ia mengakui bahwa dirinya telah lama mengagumi Kim dari jauh. "Dan kuakui, aku jatuh cinta pada Kim / 'Pada saat yang sama ia telah jatuh cinta dengan orang lain / Yah, itu keren, sayang, lakukan yang kau inginkan," dari lirik rapnya.

Kim diminta untuk menyanyikan lagu itu saat menjadi tamu acara Today di tahun 2012, tetapi ia tampak malu-malu meskipun rumor hubungan antara Kim dan Kanye terus mencuat di sekitar pasangan itu dan mereka terus tampil di depan umum bersama setelah wawancara.

Desember 2012: Kim dan Kanye mengumumkan bahwa mereka sedang menanti kelahiran anak pertama mereka.

Kanye menyampaikan kabar bahagia ini selama konser di Atlanta, dengan Kim kemudian membuka situs resminya untuk mengonfirmasi.

Juni 2013: North lahir!

Pasangan itu menyambut anak pertama mereka, seorang bayi perempuan, pada 15 Juni 2013. Mereka kemudian mengonfirmasi bahwa namanya memang North West.

Oktober 2012: Kim dan Kanye bertunangan.

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

Siapa yang bisa melupakan lamaran Kanye yang berlebihan di sebuah stadion bisbol tanpa penonton? Kamera KUWTK tentu saja ada di sana untuk menangkap semua momen tersebut. Kim mengonfirmasi berita pertunangan dengan unggahan Instagram berwarna hitam-putih yang romantis dengan keterangan sederhana, "YA!!!"

November 2013: Kim membuat cameo seksi dalam video musik "Bound 2" milik Kanye.

Sangat romantis! Sepeda motor! Saat musik Kanye masih sangat berkualitas!

Mei 2014: Pasangan itu menikah dalam sebuah upacara mewah di Florence, Italia.

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)
(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

Pasangan itu mengikat janji suci secara resmi di depan keluarga dan teman-teman mereka dalam pernikahan yang sangat mewah pada tahun 2014 di Italia. Kim terlihat mengenakan gaun dengan potongan renda rancangan Riccardo Tisci untuk Givenchy, dan pasangan itu juga tampak mengundang sederet teman-teman selebriti mereka mulai dari Andrea Bocelli hingga pasangan John Legend dan Chrissy Teigen.

Desember 2015: Anak kedua mereka, Saint lahir.

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

Kim dan Kanye menyambut anak kedua mereka, seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Saint West pada tanggal 5 Desember 2015. Kim berbagi foto menggemaskan pertama dari bayi laki-lakinya dua bulan setelah kelahiran Saint, tepatnya pada bulan Februari.

Agustus 2016: Kim dan Kanye menjadi wajah sampul majalah Harper's Bazaar edisi September.

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)
(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

Pemotretan sampul yang menakjubkan, ditata oleh Carine Roitfeld dan difoto oleh mendiang Karl Lagerfeld, menampilkan potret pasangan itu paling intim.

“Saya suka selfie telanjangnya. Maksudnya, saya suka potretnya yang dari samping, belakang, dan depan. Saya suka sekali melihatnya telanjang; saya suka ketelanjangan. Dan saya suka bentuk tubuhnya yang cantik,” kata Kanye saat itu. "Saya merasa ini hampir seperti Renaisans, lukisan, atau lebih tepatnya versi lukisan modern. Saya pikir penting bagi Kim untuk memiliki bentuk tubuhnya. Tidak menunjukkan tubuhnya, sama seperti ibaratnya Adele tidak boleh bernyanyi."

Favorit Kanye lainnya?

"Tapi kamu benar-benar hebat dalam perjuanganmu mengandung anak kedua kita," kata Kanye. "Tubuhmu benar-benar hebat. Kamu menjadikan kehamilan kedua itu sebagai sebuah masalah kecil ."

Oktober-November 2016: Kim dirampok dan ditodongan senjata, dan Kanye dirawat di rumah sakit.

Akhir tahun 2016 adalah tahun yang berat bagi Kanye. Bagaimana tidak, Kim dirampok dan  ditodong senjata di Paris selama Fashion Week, yang menyebabkan bintang televisi yang biasanya sangat terbuka menjadi sangat terguncang dan tertutup. Sebulan setelah Kim merampok, Kanye membatalkan sisa World Tour Saint Pablo dan ia diketahui dirawat di rumah sakit di UCLA Medical Center untuk evaluasi psikiatri.

Januari 2018: Kim dan Kanye menyambut bayi Chicago.

Pasangan itu menyambut anak ketiga mereka, seorang bayi perempuan yang mereka beri nama Chicago, memakai jasa ibu pengganti pada 18 Januari 2018.

Mei 2018: Mereka merayakan empat tahun pernikahan.

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Instagram @kimkardashian)

Kim membagikan potret pernikahan yang menakjubkan dan yang belum pernah dilihat sebelumnya dari hari besar mereka empat tahun sebelumnya di Instagram.

"4 tahun ke depan dan selamanya untuk kita," Kim menulis di unggahan tersebut.

Mei 2019: Kim dan Kanye menyambut anak keempat mereka, Psalm juga melalui ibu pengganti.

(Foto: Courtesy of Twiiter @kimkardashian)

(Foto: Courtesy of Twiiter @kimkardashian)

Anak bungsu mereka, Psalm West, lahir pada 10 Mei 2019.

Juli 2020: Kanye mengungkapkan momen privasi keluarga kepada publik, dan Kim membahas gangguan bipolar yang diderita Kanye.

Menyusul pencalonan presiden Kanye yang aneh dan gagal, dan setelah rapper tersebut mengungkapkan di salah satu "demonstrasi" bahwa ia dan Kim pernah mempertimbangkan untuk menggugurkan putri sulung mereka, Kim membahas gangguan bipolar yang diderita Kanye kepada penggemar di Instagram.

"Seperti yang banyak dari Anda ketahui, Kanye mengidap gangguan bi-polar. Siapa pun yang mengidap ini atau memiliki orang yang dicintai dalam hidupnya mengalaminya, pasti tahu betapa rumit dan menyakitkan memahami hal ini. Saya tidak pernah berbicara secara terbuka tentang bagaimana hal ini terjadi dan memengaruhi keluarga kami di rumah karena saya sangat melindungi anak-anak kami dan hak privasi Kanye terkait kesehatannya. Tapi hari ini, saya merasa harus mengomentari hal ini karena stigma dan kesalahpahaman tentang kesehatan mental yang beredar," Kim berbagi.

"Saya mengerti bahwa Kanye dapat dikritik karena ia adalah figur publik dan tindakannya terkadang dapat menimbulkan opini dan emosi yang kuat. Ia adalah orang yang brilian tapi rumit karena selalu berada di bawah tekanan sebagai seorang seniman dan seorang pria kulit hitam, yang juga pernah kehilangan ibunya secara menyakitkan dan harus menghadapi tekanan dan isolasi yang diperburuk oleh gangguan bi-polar nya. Mereka yang dekat dengan Kanye tentu tahu hatinya dan memahami kata-katanya terkadang tidak sejalan dengan niatnya. "

Oktober 2020: Kanye mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 untuk Kim, dan memberinya hologram.
(Foto: Courtesy of Twiiter @kanyewest)
(Foto: Courtesy of Twiiter @kanyewest)

Untuk ulang tahun istrinya yang ke-40, Kanye menghadiahi Kim sebuah hologram yang sangat mirip dengan mendiang ayahnya, Robert Kardashian.

"Untuk ulang tahunku, Kanye memberiku hadiah paling berharga seumur hidup. Kejutan spesial dari surga. Hologram ayahku," tulis Kim di Instagram. "Ini sangat nyata dan kami menontonnya berulang kali yang tentunya dipenuhi dengan banyak air mata dan emosi. Saya bahkan tidak dapat menggambarkan apa arti hadiah ini bagi saya, saudara perempuan saya, saudara laki-laki saya, ibu saya dan teman-teman terdekat untuk dinikmati bersama. Terima kasih banyak Kanye untuk kenangan yang akan bertahan seumur hidup."

Januari 2021: Kim dan Kanye secara resmi berpisah dan sedang menuju proses perceraian.

Pada 5 Januari 2021, beberapa sumber berita melaporkan bahwa Kanye tidak ada lagi dikehidupan kim. Saat itu, Kim belum mengajukan gugatan cerai dari suaminya. Dan kedua pasangan tersebut belum mengonfirmasi atau menyampaikan berita perceraian secara terbuka.

"Mereka hanya bersama demi anak-anak mereka tetapi telah hidup terpisah. Kim tahu pernikahannya telah berakhir. Ia sudah menyadari hal ini untuk sementara waktu," kata seorang sumber kepada E! News.

"Kanye tahu bahwa Kim sudah selesai dengan dirinya. Kim sudah muak, dan Kim mengatakan kepadanya bahwa ia ingin ruang untuk memikirkan masa depannya," sumber lain mengatakan kepada People. "Kanye baik-baik saja. Ia tentu sedih, tapi baiklah. Ia tahu hal yang tak terhindarkan ini akan terjadi, dan ia tahu itu pasti akan segera terjadi."


(Penulis:Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US, Instagram @kimkardashian, Twitter @kimkardashian, @kanyewest)