Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lihat Kolaborasi Animasi Jepang yang Menggemaskan pada Koleksi Kapsul Loewe, Gucci, dan Longchamp

Ketika fashion dan animasi Jepang bertemu dalam satu koleksi kapsul.

Lihat Kolaborasi Animasi Jepang yang Menggemaskan pada Koleksi Kapsul Loewe, Gucci, dan Longchamp

Apakah Anda ingat saat masih kecil, mengunyah sereal sambil menonton kartun Jepang favorit Anda di televisi? Bahkan setelah beranjak dewasa, tidak sedikit jumlah individu yang cenderung mencari objek dan rasa nostalgia yang membawa kita kembali ke masa lalu yang indah.

Sama halnya dengan berbagai rumah mode papan atas yang tahun ini merilis koleksi kolaborasi, menampilkan beberapa karakter kartun Jepang yang paling populer dan dicintai penggemarnya di dunia. Berikut beberapa rumah mode yang mengangkat karakter kartun Jepang dalam rangkaian koleksinya:

1. Loewe X My Neighbor Totoro

Penggemar Studio Ghibli akan segera memiliki cara baru sekaligus modis untuk menunjukkan kecintaan mereka pada salah satu film animasi Jepang klasik My Neighbor Totoro dengan koleksi kapsul dari rumah mode Spanyol, Loewe. 


Film animasi Jepang mahakarya Hayao Miyazaki di tahun 1988 ini memiliki alur yang sederhana dan ringan. Mengisahkan tentang persahabatan Mei dan Satsuki dengan Totoro, makhluk mirip kelinci raksasa yang merupakan roh dengan latar belakang pedesaan yang asri dan hijau. Seluruh detail imajinatif dari animasi tersebut tercerminkan dalam koleksi kapsul yang telah dinanti-nanti ini.


Jonathan Anderson selaku kreatif direktur Loewe memberi komentar dalam sebuah pernyataan pada kolaborasinya kali ini, “Ada kerinduan alami akan perasaan yang menghangatkan hati saat ini. Ketika saya mencari film yang memberikan rasa nostalgia itu, film yang seperti berbicara langsung kepada seorang anak sama seperti kepada orang dewasa, film itu adalah My Neighbor Totoro.”

 

Foto: Courtesy of Loewe

Koleksi kapsul ini terdiri dari pakaian siap pakai dengan detail menggemaskan yang terinspirasi dari karakter-karakter Ghibli, termasuk kaos katun dan hoodie yang menampilkan karakter Susuwatari dan Totoro, jaket kulit biker yang dihiasi dengan lukisan pemandangan hutan hijau subur, dan sweater rajutan menggemaskan yang terlihat seperti lukisan hutan dengan Totoro yang sedang bertengger di salah satu ranting pohonnya.

Foto: Courtesy of Loewe

Koleksi kapsul ini menghadirkan tas selempang mungil dengan material kulit yang hadir dalam dua warna ceria, kuning dan hijau muda lengkap dengan dekorasi karakter tepat di bagian depan untuk menunjukkan kecintaan Anda kepada karakter My Neighbor Totoro tersebut. Ada juga tas Hammock dengan warna biru cerah yang menampakan Totoro dengan hiasan tumbuhan yang mengelilingi bagian depan tas tersebut.


Penawaran dari koleksi kapsul diakhiri dengan pilihan aksesori kulit mewah ciri khas Loewe, dengan dompet, dompet kartu, gantungan kunci, iPhone case, serta strap kulit yang dapat Anda lepas dan pasang sesuai kebutuhan Anda. Dengan pesan kreativitas dan harapan, koleksi ini dapat menjadi percikan kegembiraan yang Anda butuhkan untuk memulai tahun dengan ceria. Koleksi Loewe x My Neighbor Totoro akan dirilis pada tanggal 8 Januari 2021 mendatang.

2. Gucci x Doraemon

Tak lama setelah menggandeng The North Face, Gucci telah mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan karakter yang telah menimbulkan gelombang nostalgia. Siapa yang tak kenal dengan Doraemon? Robot berbentuk kucing yang datang dari abad ke-22 dengan peralatan canggih rahasia dari kantong empat dimensinya. Koleksi kapsul ekspansif dengan karakter penggemar Dorayaki ini muncul perdana melalui serangkaian aksesori pada Gucci Cruise 2021.

Foto: Courtesy of Gucci


Rangkaian yang terdiri dari lebih 40 jenis barang tersebut dihiasi oleh gambar karakter robot kucing yang menggemaskan. Label Italia itu menjelaskan bahwa motif tersebut menggambarkan Doraemon dalam berbagai pose yang dicetak di atas jaket, celana, tas, dan sepatu sehingga menyerupai gambaran komik. Monogram GG nan klasik tetap menghiasi koleksi ini sebagai statement gaya. Setia pada akar dan ciri khas Gucci, garis-garis hijau-dan-merah yang ikonis mengalir di lengan pakaian dan di sepanjang tepinya. 

Selain itu, Gucci juga akan meluncurkan pin tematik dengan bentuk Doraemon beserta berbagai barang eksklusif lainnya untuk menyambut imlek, acara tahun baru di China. 

Kolaborasi Doraemon x Gucci tersedia di berbagai butik Gucci tertentu. Peluncuran seluruh koleksi tersebut akan diperluas pada 12 Januari 2021. 

3. Longchamp x Pokemon

Foto: Courtesy of Longchamp

Kali ini Longchamp mengambil salah satu karakter dari animasi Pokémon, Pikachu, sosok hewan berwarna kuning menggemaskan. Pikachu muncul sebagai protagonis dalam koleksi ini dan menghadirkan sentuhan yang riang dan kegembiraan pada tas Le Pliage dan pada setiap koleksi tas klasik Longchamp lainnya. Sosok Pikachu yang lucu ini membuat koleksi Longchamp terlihat sangat menarik perhatian dan wajib dimiliki untuk fans fanatik Pokemon.

“Koleksi Le Pliage ini telah menjadi sebuah platform untuk mengekspresikan berbagai aspek Longchamp yang berbeda dan dapat membawa ke tempat yang sebelumnya tidak diketahui. Sebelumnya, kami belum mengeksplorasi area industri hiburan dan permainan (gaming). Ini adalah dunia yang sangat inspiratif, terutama dengan Pokémon dan ikon maskotnya, Pikachu. Dua dunia kita, nyata dan virtual, berpadu sempurna dalam kolaborasi ini," menurut keterangan di surat perilisan.

Foto: Courtesy of Longchamp

Bagi mereka yang merasa lebih nyaman dengan corak halus, Longchamp x Pokémon menghadirkan rangkaian tas kulit dengan warna monokrom, dari ransel hingga tas selempang, memberikan visual Pikachu dengan garis menonjol yang halus.

(Penulis: Nursifaa Azzara; Foto courtesy of Dok. Bazaar)