Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok

Ikuti 9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok agar rambut tetap sehat dan indah berkilau.

10 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok
9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok. (Image: Dok: sofiazhuravets©123RF.com)

Merawat keindahan rambut sama pentingnya dengan merawat kulit. Rambut yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerusakan pada rambut, ini termasuk rambut kering dan rontok. Selain faktor internal seperti stres dan hormonal, faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, kotoran hingga cuaca panas dapat membuat rambut Anda rusak. Berikut ini sembilan cara merawat rambut kering, rusak, dan rontok, agar tetap sehat dan indah berkilau.

1. Rajin Mencuci Rambut

Rambut menghasilkan minyak alami, yang secara terus menerus dikeluarkan dari kulit kepala, dan akan menumpuk jika tidak dicuci. Ini akan membuat rambut lebih berminyak, bahkan menjadi penyebab ketombe dan kerontokan pada rambut. Membersihkan rambut dengan sampo yang baik dan benar akan mencegah semua masalah ini. Pilihlah sampo yang dapat memberikan kelembapan pada rambut Anda.

Namun, hindari mencuci rambut terlalu sering. Bukan tanpa alasan, menurut studi tahun 2010 dalam International Journal of Trichology, sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut Anda, tetapi juga bisa menghilangkan minyak alaminya yang mengakibatkan lebih mudah kering dan rapuh. Cukup keramas dua hari sekali menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk tipe rambut Anda, karena akan efektif untuk membersihkan, tanpa terlalu keras untuk rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan sampo terlalu banyak saat keramas.

2. Menggunakan Kondisioner

Kondisioner berguna sebagai pelembap bagi rambut yang mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh atau bercabang. Perlu diingat, menggunakan kondisioner hanya perlu dibubuhkan di bagian tertentu rambut Anda, biasanya setengah rambut menuju ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk memberikan kekuatan dan kelembutan pada rambut.

Uniknya, kelebihan kondisioner adalah untuk mengunci nutrisi yang sebelumnya sudah masuk pada batang rambut. Oleh karena itu disarankan, penggunaan kondisioner dilakukan terakhir setelah sampo dan masker. Satu lagi, jangan menggunakan kondisioner mendekati akar, karena akan berpotensi untuk membuat rambut Anda rontok bisa pembilasan tidak maksimal.

3. Bilas Rambut Hingga Bersih

Pastikan Anda membilas rambut hingga bersih, karena sisa produk perawatan rambut yang mungkin saja masih menempel dan menumpuk dapat memberikan kontribusi terhadap kerusakan rambut.

Baca juga : 5 Cara Melembutkan Rambut yang Terlalu Mengembang

4. Konsumsi Makanan Tinggi Omega-3 dan Antioksidan

Berdasarkan penelitian tahun 2012 dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, protein laut, seperti ikan salmon, tiram, tuna, dan ikan sarden, mengandung omega-3 tinggi yang dapat menjaga rambut Anda agar tidak menipis dan terlihat lebih berkilau. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan juga dapat membuat rambut Anda lebih sehat dengan cara melawan stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan antara lain: kacang kenari, brokoli, bluberi, dan tomat. 

5. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Alat Hairstyling

Menata rambut dengan menggunakan alat hairstyling yang panas dapat menyebabkan rambut kering, rusak dan rontok. Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2011 dalam jurnal Annals of Dermatology, batang rambut sebelum dan sesudah terkenal alat styling rambut menunjukkan adanya kerusakan rambut secara signifikan.

Jika Anda perlu untuk menata rambut menggunakan alat penata rambut, gunakan terlebih dahulu produk pelindung rambut (heat protection) sebelum mencatok.

6. Jangan Terlalu Sering Menguncir Rambut 

Mengikat rambut dapat dilakukan untuk menunjang penampilan dan dinilai praktis untuk mengurangi rasa panas ketika cuaca sedang terik. Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk untuk rambut Anda, karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, ketombe, rambut berminyak dan menghambat pertumbuhan rambut.

7. Perbanyak Minum Air Putih dan Vitamin

Selain melakukan perawatan rambut secara langsung, Anda juga harus menjaga kesehatan rambut dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan vitamin setiap harinya. Minum air putih dan vitamin dengan jumlah yang cukup mampu memberi kekuatan pada rambut.

Baca juga : 7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

8. Menggunakan Masker Rambut

Tidak cukup merawat rambut hanya dengan menggunakan sampo dan kondisioner, tetapi juga perlu untuk menambah nutrisi dengan menggunakan hair mask. Masker rambut juga bisa disebut sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut intensif. Secara umum, manfaat menggunakan hair mask yaitu dapat menambah kelembapan, menguatkan dan mengurangi kerusakan pada rambut. Cukup gunakan hair mask seminggu sekali untuk merasakan manfaatnya.

9. Melindungi Rambut dari Cahaya Matahari

Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut Anda yang dapat menyebabkan rambut Anda kering, patah dan rusak, menurut tinjauan tahun 2008 dalam jurnal Collegium Antropologicum. Oleh karena itu, batasi rambut Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat sedang terik. Menutupi rambut Anda adalah cara yang baik untuk melindunginya dari paparan sinar UV dan partikel udara yang mungkin saja beracun dan berbahaya. Ini juga membantu dalam melindungi mata dan wajah Anda dari bahaya sinar UV.

10. Rajin Menggunting Rambut

Memotong rambut secara rutin dapat mencegahnya dari kerusakan. Tidak perlu memotong terlalu pendek, cukup trim untuk membuat ujung-ujungnya saja. Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan lebih berpotensi bercabang dan kering.

Semoga sepuluh cara merawat rambut di atas dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan indah berkilau. Selamat mencoba!

(Foto: Courtesy of sofiazhuravets©123RF.com)