Titi Kamal Bagikan Tips Menjalankan Usaha Terutama di Masa Pandemi

Sebagai seorang business owner dari berbagai usaha yang selama ini digeluti, Titi Kamal berbagi tips agar dapat mempertahankan bisnis di masa pandemi.

(Foto: Courtesy of Instagram @titi_kamall)


Di masa bulan ramadan ini, episode dari seri Brunch with Dave Hendrik mengundang Titi Kamal untuk berbincang-bincang seputar kehidupan pribadinya, kiat ngabuburit andalan Titi dan keluarga hingga tips yang dapat diberikan oleh Titi sebagai seorang pemilik banyak bisnis, baik dari dunia kuliner hingga pelayanan kecantikan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak perbincangan seru Dave Hendrik dengan istri dari Christian Sugiono di bawah ini:

Nah, kamu kan juga termasuk salah satu selebriti yang duluan merambah dunia bisnis nih Ti, zaman muncul artis dengan kue-kuean, itu kamu dulu yang mulai pertama kali, iya kan? Celebrity cake itu kan kamu yang duluan tuh dan namanya Titi yang nempel. Kapan sih sebetulnya kamu tuh mulai menyadari sebagai selebriti ingin terjun ke bisnis?” tanya Dave membuka perbincangan.


“Memang berawal dari kebanyakan iseng ya, aku punya temen yang jago masak, buat kue, makanan segala macam. Jadi ya udah tercetus ide aja sepertinya seru ya kalau misalnya bikin bisnis kue. Jadi ya udah kita dari iseng aja, lalu jadi seriusin. Dan aku memang berpikir tetap kita harus maintain juga di dunia entertainment, tapi kadang-kadang kita juga selain menyalurkan hobi kita juga harus punya backup juga seperti bisnis. Jadi selalu aktif aja sih Dave, selalu berpikir apalagi ya habis ini, bikin apalagi. Jadi seru aja jadi lebih termotivasi sehari-harinya supaya lebih bisa berkarya,” jelas ibu dari 2 anak ini.


Okay, dalam hal bisnis kan Titi punya kuliner ya, ada kue, ada ayam, ada vila, ada beauty, ada klinik kecantikan pula. Apa yang kamu pelajari Ti dari mengembangkan usaha ini? Mengenai dunia usaha,” gali Dave lebih lanjut mengenai kunci kesuksesan dari seorang Titi Kamal.


“Kalau dunia usaha itu Dave ya kita tuh harus maksudnya tidak hanya akting, tapi semua bidang itu kita harus kreatif, inovatif, dan kita harus selalu kompetitif juga jadi kita harus selalu ikutin tren juga. Misalnya sekarang yang lagi hype itu apa sih,” bagi Titi.


Okay, aku dengar berarti kita harus kreatif, harus inovatif, gitu ya Ti? Lalu Ti, sebagai seorang business owner, pandemi ini kan bukanlah masa-masa yang gampang, apa yang Titi dan tim lakukan to be able to still survive di masa pandemi ini?”

"Kita coba berbagai cara supaya bisa tetap survive, minimal teman-teman yang bekerja bareng sama aku, mereka bisa terus berjualan dengan lancar. Jadi kita melakukan apapun, kadang-kadang misalnya untuk kosmetik, hampir setiap hari kita ada live gitu di salah satu platform. Jadi bikin live, bikin konten-konten yang kreatif, bikin pemotretan, bikin video. Pokoknya lakukan apa saja. Sekarang kan lebih banyak ke online, jadi bikin kontennya lebih ke video, foto. Lalu kita juga membuat varian-varian baru. Misalnya seperti Kamalia Beauty kita membuat sesuatu yang baru lagi, kita membuat sesuatu yang baru lagi, packaging yang baru lagi. Jadi kita sebar ke teman-teman selebrgram yang memang udah support sekali. Ya intinya selalu mencoba," cerita Titi.

Nantikan video perbincangan lengkap Dave Hendrik dengan Titi Kamal dalam episode Brunch with Dave Hendrik yang akan tayang segera di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia segera.

Baca juga:

Jika Diberi Kesempatan Kedua, Ini Momen yang Ingin Diulang Titi Kamal 20 Tahun yang Lalu

Kiat Ngabuburit ala Titi Kamal, Termasuk Dirinya yang Tergiur Investasi pada Hobi Bercocok Tanam

(Foto: Courtesy of Instagram @titi_kamall, @bazaarindonesia)