Ini Wujud Jam Tangan Kolaborasi Patek Philippe dan Tiffany & Co. yang Saat Pelelangan Terjual 6.5 Juta Dollar Amerika Serikat

Patek Philippe dan Tiffany & Co merayakan 170 tahun hubungan keduanya yang terjalin sejak tahun 1851.



Untuk menghormati hubungan antara Patek Philippe dan Tiffany & Co., Patek Philippe melansir jam tangan edisi spesial Ref. 5711/1A-018 tipe Nautilus dengan dial berwarna Tiffany Blue yang ikonis. Dua identitas legendaris dari kedua perusahaan di jam tangan ini seakan belum cukup, logo kedua perusahaan pun ditambahkan yakni logo Patek Philippe di bagian jam 12 dan Tiffany & Co. pada pukul 6.

Desain elegan dan klasik yang terkandung pada model Nautilus, semakin terelevasi dengan tambahan embossed horizontal pada permukaan dial. Kemudian setiap penunjuk jam dilapisi oleh kombinasi warna hitam dan emas putih yang diberi pelapis membuatnya terlihat subtil dengan infusi bernapas sporty. Untuk bagian pergelangan, jam ini menggunakan bahan baja yang apik dengan finishing satin yang bercahaya yang diproduksi dengan tangan melalui 55 proses rumit untuk setiap jam tangan.

Kelebihan lainnya meliputi ketahanan air hingga kedalaman 120 meter serta fitur mengakomodasi berupa pengatur gerakan dan rotasi yang berputar secara presisi dan diciptakan penuh inovasi secara teknis. Yang spesial pada jam tangan ini di segi eksterior, terdapat tulisan “170th Anniversary 1851-2021 Tiffany & Co. - Patek Philippe“ yang diukirkan di atas case dari kristal batu safir.

Bagi Anda yang belum familier dengan hubungan kedua perusahaan yang terbaik di bidangnya ini, Patek Philippe dan Tiffany & Co. telah menjalin kerja sama sejak tahun 1851. Di mana Patek Philippe sebagai produsen jam tangan asal Jenewa serta Tiffany & Co. yang berbasis di New York, Amerika Serikat memiliki visi dan misi serupa mengantarkan sang rumah perhiasan sebagai official retail partner untuk Patek Philippe di Amerika Serikat.

Antoine Norbert de Patek pun mengungkapkan rasa takjubnya terhadap Tiffany & Co. sebagai penjual perhiasan saat mengunjungi perusahaan tersebut di New York. Keberlangsungan kerja sama antar keduanya kemudian terus berkembang hingga pada tahun 1876, yang mana keduanya mengadakan perjanjian untuk menandakan bahwa Tiffany & Co. adalah perwakilan resmi Patek Philippe di Amerika Serikat yang akan menjaga label jam tangan tersebut layaknya milik mereka sendiri. Begitu pun sebaliknya, yang ditandai dengan sebuah lemari besi baja milik Tiffany & Co. yang ditempatkan di Patek Philippe Salons di Jenewa. Hubungan ini pun tetap bertahan hingga kini serta mendasari dibangunnya butik Patek Philippe di dalam butik ikonis Tiffany yang berlokasi di Fifth Avenue, New York.

Hanya diproduksi sebanyak 170 unit, jam tangan ini akan dijual secara ekslusif di butik Tiffany, New York dan San Francisco. Serta dilelang melalui balai lelang Philips dengan asosiasi Bacs & Russo yang mana hasil penjualan akan didonasikan kepada organisasi lingkungan hidup, The Nature Conservancy. Pada beberapa waktu lalu, seketika jam tangan ini laku terjual saat proses lelang dengan angka fantastis yakni $6,503,000 Dollar Amerika Serikat, menjadikan jam tangan ini sebagai jam tangan termahal ke delapan yang berhasil laku terjual di balai lelang yang pernah ada.

(FOTO: Courtesy of Patek Philippe)