Mengapa Garis Bibir Memudar di Usia 50 Tahun?



Perhatikan kontruksi bibir teman di sekitar Anda yang berusia 50 tahun saatini, apakah semakin menipis? Simak penelusuran Bazaar perihal fenomenatersebut.

Ketika Anda berbicara, bibir merupakan salah satu bagian dari wajah yangmenjadi pusat perhatian. Tak jarang bibir wanita seakan menjelma sebagaisimbol daya tarik fisik untuk memikat kaum adam. Idealnya, wanita menginginkanbentuk bibir bervolume penuh dengan batas garis yang tegas, serta warna yangmerona sehat. Tentunya hal itu mudah dimiliki bagi mereka yang berusia '20-an,namun bagaimana untuk mereka berusia di atas 50 tahun?Keindahan bibir tak luput dari pengaruh proses penuaan kulit pada wajah.Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen berkurang, sehingga secaravisual berakibat pada pudarnya garis di tepi bibir, kemudian lama kelamaanbibir menjadi lebih kering, cupid bow menumpul. Belum lagi bentuk sudut bibirmengarah turun dan warnanya tidak lagi segar. Selain itu faktor luar jugaberperan dalam perubahan bibir, seperti merokok, paparan sinar matahari dankebiasaan menggigit bibir. Banyak masalah baru yang timbul seiring denganmenipisnya bentuk bibir misalnya saja pengaplikasian lipstik menjadi pekerjaanekstra, karena seringkali lipstik menjadi berantakan akibat memudarnya garisbibir.

Dalam dunia estetika, peremajaan bibir dapat dilakukan dengan cara instanmelalui injeksi asam hialuronat atau Hyaluronic Acid (HA). HA merupakan tipefiller yang paling aman karena tidak mengandung zat pemicu alergi dengan efeksamping minimal. Selain itu, berbagai trik makeup juga mampu menyiasatiberbagai kekurangan pada bibir. Di antaranya pensil bibir berwarna beningsebagai salah satu senjata ampuh untuk mempertegas garis bibir yang semakinsamar agar terlihat lebih jelas. Agar bibir berkesan natural lebih baik jangangunakan pensil bibir dengan warna lebih gelap dari lipstik Anda, karena justrumembuat siasat kamuflase Anda jadi diketahui oleh orang. Sedangkan untuk warnalipstik, pilihlah warna lembut dan sesuai dengan warna asli bibir Anda.Terakhir untuk perawatan bibir sehari-hari, scrub bibir secara perlahanmenggunakan lip scrub khusus bibir supaya sel kulit mati terangkat, setelahitu oleskan lip balm sebelum tidur demi mendapatkan bibir kenyal dan lembapkeesokan pagi saat Anda bangun tidur.

(Ardani Sesotyasari; Foto: Foto: Michaeljung/iStock/Thinkstock)