Ketahui Cara Memilih Eye Cream yang Tepat, Penting untuk Lindungi Kulit Area Mata

Penggunaan eye cream secara rutin bisa meningkatkan tampilan kulit mata Anda, membuatnya lebih lembap dan tampak senantiasa segar!

COURTESY OF PEXELS


Saat memilih eye cream, penting untuk mempertimbangkan masalah kulit spesifik Anda dan mengetahui bahan-bahan yang dapat mengatasinya. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi panduan.

COURTESY OF PEXELS

Kenali Masalah Kulit Anda
Lingkaran Hitam: Cari bahan seperti vitamin C, Niacinamide, atau kafein yang dapat mencerahkan dan mengurangi tampilan lingkaran hitam.
Kantung Mata: Kafein, ekstrak teh hijau, atau Peptide dapat membantu mengurangi bengkak dan memperbaiki sirkulasi di sekitar mata.
Garis Halus dan Keriput: Retinol, Peptide, dan Hyaluronic Acid sangat baik untuk meratakan serta menghaluskan garis-garis halus.
Kulit Kering: Jika area di sekitar mata terasa kering, pilih krim dengan bahan-bahan yang melembapkan seperti Hyaluronic Acid, Glycerin, atau Ceramide.

COURTESY OF PEXELS

Pertimbangkan Jenis Kulit Anda
Kulit Sensitif: Pilih formula yang bebas wewangian dan lembut. Carilah bahan yang menenangkan seperti lidah buaya, chamomile, atau oatmeal.
Kulit Berminyak: Pilih eye cream dengan formulasi gel yang ringan dan non-comedogenic, bukan krim yang tebal dan lengket.
Kulit Kering: Formula yang rich dan melembapkan dengan bahan seperti shea butter atau Squalane dapat membantu mengunci kelembapan kulit sekitar mata.

COURTESY OF PEXELS

Perhatikan Bahan-Bahan Khusus
Antioksidan (vitamin C, vitamin E, ekstrak teh hijau): Melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat radikal bebas.
Retinol: Memicu produksi kolagen namun bisa menyebabkan sensitivitas, jadi gunakan dengan hati-hati dan hanya setiap malam hari.
Peptide: Membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.
Hyaluronic Acid: Memberikan hidrasi dan membantu kulit tampak lebih kenyal.

COURTESY OF PEXELS

Uji untuk Menghindari Iritasi
Kulit di sekitar mata sangat lembut dan tipis, jadi Anda perlu lebih berhati-hati. Setiap membeli produk skincare baru, selalu lakukan patch test pada kulit, misalnya di area leher, sebelum Anda menggunakannya secara utuh pada area kulit mata.

COURTESY OF PEXELS

Pertimbangkan Tekstur yang Anda Sukai
Gel: Ringan dan menyegarkan, ideal untuk digunakan di pagi hari.
Krim: Lebih rich dan melembapkan, sempurna menjaga kelembapan saat Anda tidur di malam hari.

COURTESY OF CHARLOTTE TILBURY

Kemasan Juga Penting
Pilih produk yang dikemas dalam kemasan kedap udara, dengan botol berwarna buram atau gelap untuk menjaga stabilitas dan efektivitas bahan. Kemasan berbentuk jar dapat lebih mudah membuat produk terpapar udara dan bakteri, jadi Anda wajib mengambil produk menggunakan spatula yang bersih, bukan dengan jari secara langsung.

COURTESY OF LANCOME

Aplikasikan dengan pijatan
Ketika mengaplikasikan eye cream, Anda sebaiknya bukan hanya mengoleskannya, tapi juga memberikan pijatan lembut ke arah bagian atas mata. Ini berfungsi untuk menambah relaksasi, memberikan efek lifted, dan membuat produk lebih meresap dengan baik.

Anda dapat menggunakan jemari, gua sha, atau aplikator produk eye cream yang telah tersedia. Namun, ingat untuk tidak menggosoknya terlalu keras, atau memijat ke arah bawah, supaya kulit tidak iritasi dan malah menimbulkan kerutan atau menjadi saggy. Anda bisa pula mempelajari face yoga untuk kemudian diaplikasikan ketika menggunakan eye cream.

COURTESY OF PEXELS


Dengan mengenali kebutuhan kulit Anda dan menyesuaikannya dengan bahan yang tepat, Anda dapat menemukan eye cream yang ideal untuk Anda. Disiplin adalah kunci, jadi jangan lupa aplikasikan setiap hari agar Anda mampu merasakan hasilnya.