10 Tip Memilih Sepatu Agar Nyaman Dipakai Sepanjang Hari

Jangan korbankan kaki Anda demi Sepatu bagus yang ukurannya tak sesuai dan bahannya tak enak dipakai!

Courtesy of Pexels/Alexandra Maria


Sepatu yang nyaman sangat penting untuk kesehatan kaki. Oleh sebab itu ketika Anda ingin membeli sepatu yang tampilannya begitu chic dan keren, jangan lupa juga untuk selalu lakukan pengukuran yang tepat agar sepatu yang Anda beli tak hanya bisa dipakai sebentar dan tak juga malah memberi masalah baru pada kaki Anda. So, pelajari cara mengidentifikasi sepatu yang tidak pas, mengukur kaki dengan akurat, dan memilih ukuran yang tepat pada artikel berikut ini. Sebab beauty is pain seharusnya tak terjadi jika Anda memang benar-benar peduli terhadap kesehatan diri, kan? :)

Bawa Jejak Kaki

Bawa jejak kaki Anda saat berbelanja. Letakkan sepatu yang Anda minati di atas jejak tersebut. Jika sepatu terasa lebih sempit atau lebih pendek dari jejak, jangan coba-coba memakainya karena pasti Anda akan langsung merasa kesakitan.

Berbelanja di Sore Hari

Fun fact is, kaki Anda secara alami akan mengembang dengan penggunaan sepatu sepanjang hari. Oleh sebab itu, berbelanjalah pada waktu sore dari agar ukuran kaki Anda berada pada ukuran yang sedang normal.

Kenakan Kaus Kaki yang Sama

Jika ingin membeli sneakers, pakailah jenis kaus kaki yang sama dengan yang akan Anda kenakan dengan sepatu belanja Anda. Atau bawa kaus kaki khusus yang kiranya memang akan Anda pakai bersama dengan sepatu yang bakal Anda beli itu. Hal ini jelas memungkinkan Anda untuk merasa fit dan nyaman saat mengenakannya nanti tanpa harus merasa kesempitan.

Ukur Kaki Setiap Kali Berbelanja

Mintalah penjual untuk mengukur kedua kaki Anda setiap kali membeli sepatu baru. Kaki berubah seiring usia, sering kali menjadi lebih besar dan lebih lebar. Jika satu kaki lebih besar dari yang lain, maka pilihlah ukuran yang sesuai dengan kaki yang lebih besar.

Periksa Ruang di Ujung Sepatu

Berdirilah dalam sepatu dan tekan perlahan bagian atas sepatu untuk memastikan ada sekitar setengah inci ruang antara jari terpanjang dan ujung sepatu. Ini memberi cukup ruang bagi kaki untuk bergerak maju saat berjalan. Gerakkan jari-jari kaki untuk memastikan ujung jari Anda tidak tertekan yang menyebabkan rasa nyeri saat berjalan.

Berjalanlah dengan Sepatu Tersebut

Berjalanlah dengan sepatu tersebut untuk mengetahui bagaimana rasanya. Apakah ada cukup ruang di bagian depan kaki? Apakah tumit terasa pas atau justru mudah lepas? Jangan sampai Anda berpikir bahwa sepatu yang ingin Anda beli hanya untuk dipakai sesekali. Temukan sepatu yang nyaman sejak awal karena hal ini berhubungan dengan kesehatan kaki Anda di kemudian hari.

Percayalah pada Tingkat Kenyamanan Anda

Percayalah pada tingkat kenyamanan Anda sendiri daripada ukuran atau deskripsi sepatu. Ukuran sepatu bisa amat bervariasi antara produsen. Tiap jenama biasanya juga punya ukuran sendiri yang berbeda dengan jenama lainnya. Pun tidak peduli betapa sebuah iklan mengatakan sepatu tersebut sungguh comfortable, Anda adalah penilai utamanya karena sejatinya Andalah si pemakai dan kaki tiap orang punya keunikannya masing-masing.

Perhatikan Lebar dan Panjang

Perhatikan lebar serta panjang sepatu. Jika bagian depan kaki terasa tertekan dalam sepatu tertentu, tanyakan apakah ada ukuran yang lebih lebar. Membeli sepatu dengan ukuran setengah lebih besar, tetapi tidak lebih lebar, sungguh tidak akan menyelesaikan masalah Anda.

Rasakan Bagian Dalam Sepatu

Rasakan bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada tag, jahitan, atau bahan lain yang mungkin mengiritasi kaki.

Periksa Sol Sepatu

Periksa sol sepatu. Apakah cukup kuat untuk memberikan perlindungan dari benda tajam? Apakah memberikan bantalan? Perhatikan bagaimana rasanya saat Anda berjalan di toko sepatu. Coba berjalan di permukaan keras dan juga karpet untuk melihat bagaimana rasanya di kedua permukaan tersebut.

Dengan memerhatikan semua tip di atas, Anda tentu takkan salah lagi dalam memilih sepatu baru. Kaki sehat, Anda pun akan tampil penuh rasa nyaman dan percaya diri.